Kegiatan
Rutin, yaitukegiatan yangdilakukan terjadwal
• Piket kelas
• Ibadah
• Berdoa sebelum dan sesudahpembelajaran di kelas
• Bakti sosial
Spontan, adalahkegiatan tidakterjadwal dalamkejadian khusus
• Memberi dan menjawab salam
• Meminta maaf
• Berterima kasih
• Mengunjungi orang yang sakit
• Membuang sampah pada tempatnya
• Menolong orang yang sedang dalamkesusahan
• Melerai pertengkaran
Keteladanan,adalah kegiatandalam bentukperilaku sehari-hari
• Performa guru
• Mengambil sampah yang berserakan
• Cara berbicara yang sopan
• Mengucapkan terima kasih
• Meminta maaf
• Menghargai pendapat orang lain
• Memberikan kesempatan terhadap
pendapat yang berbeda
• Mendahulukan kesempatan kepada
orang tua
• Penugasan peserta didik secara bergilir
• Menaati tata tertib (disiplin, taatwaktu, taat pada peraturan)
• Memberi salam ketika bertemu
• Berpakaian rapi dan bersih
• Menepati janji
• Memberikan penghargaan orang yang berprestasi
• Berperilaku santun
• Pengendalian diri yang baik
• Memuji pada orang yang jujur
• Mengakui kebenaran orang lain
• Mengakui kesalahan diri sendiri
• Berani mengambil keputusan
• Berani berkata benar
• Melindungi kaum yang lemah
• Membantu kaum yang fakir
• Sabar mendengarkan orang lain
• Mengunjungi teman yang sakit
• Membela kehormatan bangsa
• Mengembalikan barang yang bukan
miliknya
• Antri
• Mendamaikan
Jenis Pengembangan Diri yang ditetapkan disekolah adalah sebagai berikut ini
Jenis Pengembangan Diri Nilai-nilai yangditanamkan Strategi
A. Bimbingan Konseling(BK)
• Kemandirian
• Percaya diri
• Kerja sama
• Demokratis
• Peduli sosial
• Komunikatif
• Jujur
• Pembentukankarakter ataukepribadian
• Pemberian motivasi
• Bimbingan karier
B. Kegiatan Ekstrakurikuler:
1. Kepramukaan
• Demokratis
• Disiplin
• Kerja sama
• Rasa Kebangsaan
• Toleransi
• Peduli sosial danlingkungan
• Cinta damai
• Kerja keras
• Latihan terprogram(kepemimpinan,berorganisasi)
2. UKS dan PMR
• Peduli sosial
• Toleransi
• Disiplin
• Komunikatif
• Latihan terprogram
3. KIR
• Komunikatif
• Pembinaan rutin
Jenis Pengembangan Diri Nilai-nilai yangditanamkan Strategi
• Rasa ingin tahu
• Kerja keras
• Senang membaca
• Menghargai prestasi
• Jujur
• Mengikutiperlombaan
• Pameran atau pekanilmiah
• Publikasi ilmiahsecara internal
4. Olahraga
• Sportifitas
• Menghargai prestasi
• Kerja keras
• Cinta damai
• Disiplin
• Jujur
• Melalui latihanrutin (antara lain:bola voli, basket,tenis meja,badminton, pencaksilat, outbond)
• Perlombaan olahraga
5. Kerohanian
• Religius
• Rasa kebangsaan
• Cinta tanah air
• Beribadah rutin
• Peringatan hari
besar agama
• Kegiatan
keagamaan
6. Seni budaya/Sanggarseni
• Disiplin
• Jujur
• Peduli budaya
• Peduli sosial
• Cinta tanah air
• Semangat
kebangsaan
• Latihan rutin
• Mengikuti vokal
grup
• Berkompetisi
internal dan
eksternal
• Pagelaran seni
7. Kesehatan reproduksiremaja
• Kebersihan
• Kesehatan
• Tanggung jawab
• Rasa ingin tahu
• Kegiatan rutin padawaktu hari jum’at
8. Kepemimpinan
• Tanggung jawab
• Keberanian
• Tekun
• Sportivitas
• Disiplin
• Mandiri
• Demokratis
• Cinta damai
• Cinta tanah air
• Peduli lingkungan
• Peduli sosial
• Keteladanan
• Sabar
• Toleransi
• Kerja keras
• Pantang menyerah
• Kerja sama
• Kegiatan OSIS
• Kepramukaan
• Kegiatankerohanian
• Kegiatan KIR
• Kegiatan PMR
Jenis Pengembangan Diri Nilai-nilai yang
ditanamkan Strategi
9. Festival sekolah
• Kreativitas
• Etos kerja
• Tanggung jawab
• kepemimpinan
• Kerja sama
• Pasar seni
• Pagelaran seni ataumusik
• Pameran karyailmiah
• Bazaar
• Pasar murah
• Karya seni
Tidak ada komentar:
Posting Komentar