SOAL
MAJAS
1. Baca puisi
Di bawah ini:
JAKARTA
Jakarta
adalah kota metropolitan
Jakarta
poros kehidupan warga Indonesia
Jakarta
kota beribu manusia
Jakarta
miniatur bangsa
Puisi di atas menggunakan majas….
A.
Tautologi
B.
Ironi
C.
Epifora
D.
Metafora
E.
Anafora
2. Baca penggalan puisi di
bawah ini!
Dirimu....
Aku sangat mencintai dirimu
Walau kini aku terpisah dengan dirimu
Tapi aku akan selalu ada untuk dirimu
Sampai kapan pun cintaku hanya untuk dirimu
Majas
yang di gunakan dalam penggalan puisi di
atas adalah:
A.
Personifikasi
B.
Hiperbola
C.
Repetisi
D.
Epifora
E.
Ameliorasi
3. Bacalah puisi berikut!
Kepada Peminta-minta
Karya :
Chairil Anwar
Baik,
baik aku akan menghadap dia
Menyerahkan
diri dan segala dosa
Tapi
jangan tentang lagi aku
Nanti darahku jadi
beku
Jangan
lagi kau bercerita
Sudah
tercacar semua di muka
Nanah
meleleh dari luka
Sambil
berjalan kau usap juga
….
Baris
yang dicetak miring pada penggalan puisi di atas menggunakan majas….
A.
Personifikasi D.
Alegori
B.
Metafora E.
Hiperbola
C.
Paralelisme
4. Bacalah
penggalan puisi berikut!
Senja di Pelabuhan
Kecil
Karya
: Chairil Anwar
Ini
kali tidak ada yang mencari cinta
Di
antara gudang, rumah tua, pada cerita
Tiang
serta temali, kapal, perahu tiada berlaut
….
Penggalan
puisi di atas menggunakan majas….
A.
Alegori D.
Personifikasi
B.
Hiperbola E.
Metafora
C.
Paralelisme
5. Bacalah
penggalan puisi berikut dengan seksama!
….
Sampai
ke puncak, sepi semagut
Tak
satupun melepas renggut
Segala
menanti, kunanti, kunanti
Sepi
Majas
yang digunakan dalam baris ketiga penggalan puisi di tersebut adalah….
A.
Metonimia D.
Paradoks
B.
Repetisi E.
Personifikasi
C.
Metafora
6. Cermatilah
penggalan puisi berikut!
Kotak Suara
Di
sebuah kerajinan dilangsungkan pemilihan
Di
sebuah pemilihan dilakukan perhitungan
Di
sebuah perhitungan berlangsung keajaiban
Di
sebuah keajaiban semua mata tertutup
…..
(kotak suara. Taufiq Ismail)
Majas
yang terdapat dalam puisi di atas adalah….
A.
Ironi D.
Litotes
B.
Anafora E.
Metafora
C.
Repetisi
7. Bacalah
dengan cermat penggalan puisi berikut!
…..
Istirahat,
istirahat, istirahatlah jiwa yang resah
Karena
tubuh ingin sejenak terlentang
Mengendurkan
urat-urat yang kejang-kejang
Tergolek
cedera atas ranjang terteram
Wahai,
gimana tubuh ‘kan istirahat
Jika
dihuni jiwa senantiasa gelisah
Penasaran
lantaran penasaran
Ingin
tahu lantaran ingin tahu
Majas
yang terdaoat pada larik awal dan akhir puisi di atas adalah….
A.
Metafora
B.
Hiperbola
C.
Repetisi
D.
Personifikasi
E.
Klimaks
8. Bacalah
penggalan puisi berikut dengan cermat!
Puisi
dengan penuh rasa khawatir, curiga, dan cemburu menyaksikan dedaunan,
pepohonan, unggas, ikan, cuaca, zat asam, susunan syaraf, sungai, danau, dan
lautan
Bercakap
serak dan gagu dengan sesamanya
….
(Sejarum peniti sepunggung gunung, Taufiq
Ismail )
Majas
yang dominan dalam penggalan puisi di atas adalah…..
A.
Metafora D.
Hiperbola
B.
Anapora E.
Eufemisme
C.
Personifikasi
9. Bacalah
dengan cermat penggalan puisi berikut!
SAJAK SEHABIS
PERANG SAUDARA
Karya : Abrar yusra
Matahari!
Matahari yang dulu dihindarkan
Wajah-wajah
muram dalam kamar yang dikunci
Liatlah
sekarang kegemerlapannya menyayat-nyayat udara
Doa
nyanyian gemuruh turun naik memabukkan?
Majas
yang terdapat dalam baris ketiga dan keempat puisi tersebut adalah….
A.
Personifikasi
B.
Metafora
C.
Hiperbola
D.
Paradoks
E.
Metonimia
10. Bacalah dengan cermat penggalan puisi
berikut!
POTRET TUKANG
SAMPAH
Karya : Eka Budiarta
Dengan perut lapar dan harapan kosong
Aku menelanmu, Jakarta
Kukunyah-kunyah sebuah mikrolet tua
Onggokan sampah telah menjadi menu utamaku
Roda gerobak adalah sendok dan garpu
Majas yang terdapat dalam pengglan puisi
tersebut adalah ....
A.
Personifikasi
B.
Hiperbola
C.
Metafora
D.
Paralisme
E.
Paradoks
11. Cermati
penggalan puisi berikut!
Rumput
kering kemuning
terhampar
luas
gemetar
tampak hawa panas atas padang sunyi
Nanti,
nantikanlah dengan sabar dan tabah
Sampai
hujan turun membasahi bumi
Majas
yang digunakan dalam baris keempat adalah....
A.
Pleonasme
B.
Paradoks
C.
Tautologi
D.
Hiperbola
E.
Antitesis
12. Cermati
puisi berikut dengan seksama!
Pergi
ke laut, anakku sayang
Pergi
ke alam bebas!
Selama
hari belum petang
Dan
warna senja belum kemerah-merahan
Menutup
pintu waktu lampau
Majas
yang terdapat dalam puisi tersebut adalah....
A.
Litotes
B.
Personifikasi
C.
Metafora
D.
Eufemisme
E.
Hiperbola
Bacalah
penggalan puisi berikut ini!
13. Wahai dewi
malam
Jangan kau malu
Tampakkanlah dirimu
Engkaulah saksi cintaku
Aku kan mengucapkan janji setiaku
Majas yang terdapat dalam penggalan puisi
tersebut adalah ….
A.
anafora
B.
epifora
C.
metafora
D.
alegori
E.
hiperbola
SOAL
MENENTUKAN TEMA PUISI
14. Bacalah puisi berikut dengan seksama!
Dia
yang gentayangan di jalan malam
Tergoda
kepada megah perempuan
Tetapi
selalu berujung pada ketidakberdayaan
Dan
Tuhan? Selalu hadir tepat pada saat dibutuhkan
Bahkan
si Penggoda yang ngerasa pongah
Ini
gagah berjalan di jalan-jalan yang salah
Dia
diterima, menjelma menjadi kurcaci di telapak tangan-Nya
Diberi
kehangatan, lalu dia pulang pada ketentraman
…..
Tema
puisi di atas adalah ….
A.
Orang yang gentayangan di malam hari
B.
Ketidak berdayaan manusia
C.
Kepongahan yang merasa gagah di jalan yang salah
D.
Orang yang merasa
gagah di jalan yang salah
E.
Ketentraman karena kehadiran tuhan
15. Bacalah
dengan cermat penggalan puisi berikut!
....
Cucu
cucuku
Negara
terlanda gelombang zaman edan
Cita-citaku
kebajikan terhempas waktu
Lesu
dipangku batu
Tetapi
aku keras bertahan
Menghadapi
akal sehat dan suara jiwa
Biar
pun tercampak di selokan zaman
(Maskumandang. W.S. Rendra)
Tema
pada puisi tersebut adalah...
A.
Kepribadian akan negara yang dilanda zaman edan
B.
Negara yang dilanda bencana gelombang tsunami
C.
Negara ini banyak orang hilang akal
D.
Kebajikan mengalahkan kelaliman
E.
Negara yang banyak dilanda bencana
16. Bacalah
penggalan puisi berikut ini!
Tiga Catatan Terakhir
Karya
: Aan Mansyur
Kunang-kunang
itu berkerumunan di ujung-ujung jari tanganku menyebutkan Ciuman terakhir
sebelum terbang berkilau-kilau di udara.
kunang-kunang
itu melanglang mencari sepasang matamu yang berbeda.
Dalam
sebuah pejam yang lain pejam yang telah lama direncanakan alam dan malam.
Tema
penggalan puisi di atas adalah....
A.
Keindahan alam
B.
Keindahan malam
C.
Kilauan kunang-kunang
D.
Keindahan kunang-kunang
E.
Keberadaan kunang-kunang
17. Bacalah
penggalan puisi berikut dengan cermat!
LAGU GADIS ITALI
Karya
: Sitor Situmorang
Batu
tandus di kebun anggur
Pasir
teduh dibawah nyiur
Abang
lenyap hatiku hancur
Mengejar
bayang disalju gugur
Tema penggalan puisi tersebut adalah....
A. Kesedihan
B. Kematian
C. Kegersangan
D. Kesulitan
E. Kesepian
18. Cermati puisi berikut!
Kembang
Setengah Jalan
Mejaku hendak dihiasi,
Kembang jauh dari gunung
Kupetik sekarngan kembang
Jauh-jauh panas hari
Bunga layu setengah jalan
(Armyn
Pane)
Tema puisi tersebut adalah....
A. kegagalan
B. keputusasaan
C. kekecewaan
D. kesengsaraan
E. kekacauan
19. Bacalah
puisi berikut dengan seksama!
Parutan Dosa
Kerikil-kerikil
khilaf
Mengerik
habis pahala ini
Tumpuk-menumpuk
Berkeping-keping
Wahai
penjaga kekekalan
Parutlat
dosa ini
Yuni Sapitri
Tema
puisi di atas adalah....
A.
Dosa yang menumpuk
B.
Permohonan ampun
C.
Pahala yang berlimpah
D.
Perasaan bersalah
E.
Kesalahan manusia
20. Bacalah puisi berikut dengan seksama
Kicauan burung terdengar merdu
Menandakan adanya hari baru
Indahnya alam ini membuatku terpaku
Seperti dunia hanya untuk diriku
Wahai pencipta alam
Kekagumanku sulit kupendam
Dari siang hingga malam
Pesonanya tak pernah padam
Menandakan adanya hari baru
Indahnya alam ini membuatku terpaku
Seperti dunia hanya untuk diriku
Wahai pencipta alam
Kekagumanku sulit kupendam
Dari siang hingga malam
Pesonanya tak pernah padam
Tema puisi tersebut adalah ….
A. kecintaan terhadap alam
B. keindahan alam semesta
C. suasana pagi yang cerah
D. memuji keagungan Tuhan
E. pergantian siang dan malam
SOAL MENENTUKANAN
AMANAT PADA CERITA NOVEL/CERPEN/DRAMA
21. Alangkah tercengangnya Haji Saleh, karena di
Neraka itu banyak
teman-temannya di dunia terpanggang hangus, merintih kesakitan. Dan tambah tak
mengerti lagi dengan keadaan
dirinya, karena semua orang yang dilihatnya di neraka itu tak kurang ibadahnya dari
dia sendiri. Bahkan ada salah seorang
yang telah sampai 14 kali ke Mekkah dan bergelar Syekh pula.
Amanat penggalan cepen di atas adalah ...
A. Jangan cepat bangga terhadap perbuatan baik yang kita lakukan karena belum tentu baik di hadapan Tuhan.
B. Orang yang melakukan kesalahan selama hidup di dunia pasti akan mendapat siksa di akhirat.
C. Beribadah haji ke Mekkah merupakan rukun wajib bagi umat Islam yang memiliki harta cukup.
D. Beribadahlah seolah-olah besok kita akan mati dan bekerjalah dengan sungguh-sungguh seolah-olah kita hidup selamanya.
E. Marilah kita wawas diri terhadap apa yang kita lakukan selama hidup di dunia karena sesal kemudian tak berguna.
Amanat penggalan cepen di atas adalah ...
A. Jangan cepat bangga terhadap perbuatan baik yang kita lakukan karena belum tentu baik di hadapan Tuhan.
B. Orang yang melakukan kesalahan selama hidup di dunia pasti akan mendapat siksa di akhirat.
C. Beribadah haji ke Mekkah merupakan rukun wajib bagi umat Islam yang memiliki harta cukup.
D. Beribadahlah seolah-olah besok kita akan mati dan bekerjalah dengan sungguh-sungguh seolah-olah kita hidup selamanya.
E. Marilah kita wawas diri terhadap apa yang kita lakukan selama hidup di dunia karena sesal kemudian tak berguna.
22. Setiap
pukul dua pagi, berbekal sebatang bambu, kami sempoyangan
memikul berbagai jenis makhluk laut yang harus
sudah tersaji di meja pualam stanplat pada pukul lima, sehingga pukul enam sudah bisa di serbu ibu-ibu. Artinya, setelah kami laluasa untuk sekolah. (Sang Pemimpi Andrea Hirata)
Amanat
yang terkandung dalam cerpen tersabut adalah . . .
A. Bekarjalah
terlebih dahulu sebelum berangkat sekolah.
B. Setiap ibu rumah
tangga harus memasak demi keluarganya.
C. Perbanyaklah
makan ikan agar menjdi anak yang pandai
di sekolah.
D. Bekarja harus
tepat waktu agar mudah untuk mendapat rezeki.
E. Bekerja keraslah dan penuh tanggung
jawab demi meraih pendidikan.
23. .
. . .Pak Balia selalu tampil prima karena ia mencintai profesinya, menyenangi ilmu, dan lebih dari itu, amat menghargai
murid-muridnya. Setiap representasi dirinya ia perhitungkan
dengan teliti, sebab ia juga paham di depan kelas
ia adalah center of universe dan
karena yang diajarkan adalah
sastra, muara segala keindahan.
(Sang
Pemimpi. Andrea Hirata)
Amanat
penggalan novel tersebut adalah . . .. .
A.
Jadilah guru sastra karena selalu menyenangkan.
B.
Jadilah guru yang profesional dan dapat menghargai orang lain.
C.
Tampilah dengan prima dan penuh gaya jika akan mengajar.
D.
Hargai diri sendiri aar dapat menghargai orang lain.
E.
Mengajarlah dengan sepenuh hati agar disukai oleh murid.
24. Mereka
yang masih semangat sekolah umumnya bekerja di warung
mi rebus. Mencuci piring dan setiap malam pulang kerja harus menggerus tangan tujuh kali dengan tanah karena terkena minyak babi.
Atau menjadi buruh pabrik kepiting.
Berdiri sepanjang malam menyiangi kepiting untuk di paketkan ke Jakarta dengan resiko dijepit hewan nakal itu. Atau seperti aku, Arai, dan Jimbron menjadi kuli ngambat. (Sang Pemimpi.Andrea
Hirata).
Amanat yang terkandung dalam penggalan
cerpen tersebut adalah . . .
A. Bekerjalah
di bidang apapun demi kelangsungan pendidikan.
B. Apa
pun jenis pekerjaanya, lakukan dengan senang hati.
C.
Segala resiko akibat pekerjaan yang di lakukan harus kita
tanggung.
D. Jangan
menjadi kuli karena akan merendahkan diri sendiri.
E. Hindari
pekerjaan sebagai buruh karena waktu bekerjanya di luar batas.
25. Menyesal
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di mata muda
Kini hidup nieracun hati
Miskin ilmu. miskin harta
Ah, apa guna kusesalkan
Menyesal tua tiada berguna
Hanya menambah luka sukma
Kepada yang muda kuharapkan
Atur barisan di hari pagi
Menuju ke atas padang bakti!
(A. Hasjim. Puisi Baru. STA)
Amanat yang sesuai dengan isi puisi di atas adalah....
A. Atur barisan menuju cita-cita selagi masih muda
B. Selagi muda carilah harta sebanyak-banyaknya
C. Selagi muda tuntutlah ilmu dan bekerja keraslah
D. Walaupun sudah tua tuntutlah ilmu
E. Tuntutlah ilmu dan carilah harta
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di mata muda
Kini hidup nieracun hati
Miskin ilmu. miskin harta
Ah, apa guna kusesalkan
Menyesal tua tiada berguna
Hanya menambah luka sukma
Kepada yang muda kuharapkan
Atur barisan di hari pagi
Menuju ke atas padang bakti!
(A. Hasjim. Puisi Baru. STA)
Amanat yang sesuai dengan isi puisi di atas adalah....
A. Atur barisan menuju cita-cita selagi masih muda
B. Selagi muda carilah harta sebanyak-banyaknya
C. Selagi muda tuntutlah ilmu dan bekerja keraslah
D. Walaupun sudah tua tuntutlah ilmu
E. Tuntutlah ilmu dan carilah harta
26. Cermati
penggalan cerita berikut ini!
Selesai
prensentasi, Rektor STSI Surakarta mendekat.
“Kau punya
bakat jadi sarjana lho.”
“Tidak, Pak.
Saya ingin jadi dalang, jadi seniman.”
Teman-temannya
mengatakan juga bahwa sepantasnya ia menjadi peneliti.
“Tidak,
jadi dalang lebih bermanfaat.
Sebab
dalang berhubungan langsung dengan masyarakat.
Peneliti
tidak.....
Amanat
yang disampaikan pengarang dalam penggalan cerita di atas adalah....
A.
Setiap orang cerdas diharapkan menjadi peneliti.
B.
Seorang peneliti harus sarjana.
C.
Orang akan lebih senang memilih profesi sesuai nalurinya.
D.
Orang yang berpangkat yang tertarik profesi dalang.
E.
Profesi peneliti lebih hebat daripada dalang
27. Bacalah isi puisi berikut dengan saksama!
Karangan Bunga
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
"Ini dari kami bertiga
Pita hitam dalam karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati siang tadi."
Maksud puisi tersebut adalah ...
A. menceritakan tiga anak kecil datang
B. menggambarkan anak kecil yang malu-malu
C. menceritakan peristiwa sore itu
D. menunjukkan pita hitam dalam karangan bunga
E. menggambarkan peristiwa kedukaan
28. Makna lambang kata "pita hitam" dalam puisi tersebut adalah tanda …
A. bersedih
B. berduka
C. berdoa
D. bermohon
E. berharap
29. Amanat puisi tersebut adalah ...
A. Perjuangan sekelompok anak kecil yang turut berduka.
B. Segeralah ke Salemba untuk menuntut keadilan.
C. Berjuanglah untuk mempertahankan golongan tertentu.
D. Hendaklah kita menghargai pengorbanan orang yang membela kebenaran.
E. Segala perjuangan bila tidak dilandasi dengan keimanan akan terkalahkan.
Karangan Bunga
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
"Ini dari kami bertiga
Pita hitam dalam karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati siang tadi."
Maksud puisi tersebut adalah ...
A. menceritakan tiga anak kecil datang
B. menggambarkan anak kecil yang malu-malu
C. menceritakan peristiwa sore itu
D. menunjukkan pita hitam dalam karangan bunga
E. menggambarkan peristiwa kedukaan
28. Makna lambang kata "pita hitam" dalam puisi tersebut adalah tanda …
A. bersedih
B. berduka
C. berdoa
D. bermohon
E. berharap
29. Amanat puisi tersebut adalah ...
A. Perjuangan sekelompok anak kecil yang turut berduka.
B. Segeralah ke Salemba untuk menuntut keadilan.
C. Berjuanglah untuk mempertahankan golongan tertentu.
D. Hendaklah kita menghargai pengorbanan orang yang membela kebenaran.
E. Segala perjuangan bila tidak dilandasi dengan keimanan akan terkalahkan.
RINGKASAN
MATERI
MAJAS
REPETISI= pengulangan kata pada satu
larik puisi
Majas
anaphora= pengulangan kata yang sama
pada setiap larik awal
puisi yang terdapat pada awal kalimat
Majas
efifora= Pengulangan kata yang terdapat pada setiap larik puisi yang
terdapat pada akhir larik puisi
Majas
eufimisme = majas yang menghaluskan
kata yang dianggap kasar
Majas
alegori = majas yang
menyimbolkan suatu benda pada pernyataan
kalimat
Tautology
= majas yang menggunakan sinonim/makna kata yang sama
Kunci Jawaban
1
|
E
|
9
|
b
|
17
|
A
|
25
|
C
|
2
|
D
|
10
|
b
|
18
|
C
|
26
|
c
|
3
|
d
|
11
|
c
|
19
|
B
|
27
|
e
|
4
|
b
|
12
|
d
|
20
|
B
|
28
|
b
|
5
|
a
|
13
|
c
|
21
|
A
|
29
|
d
|
6
|
b
|
14
|
E
|
22
|
d
|
|
|
7
|
c
|
15
|
A
|
23
|
b
|
|
|
8
|
c
|
16
|
B
|
24
|
c
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar