Selasa, 06 Oktober 2009

APRESIASI PROSA FIKSI

Apresiasi Prosa Fiksi (cerpen)

Cerpen atau cerita pendek adalah karya sastra yang berbentuk prosa. 
Ciri dari cerpen adalah cerita nya pendek jumlah katanya kurang dari 10.000 kata, umumnya memiliki seorang tokoh utama yang sekaligus menjadi pusat penceritaan .
Unsur satra dalam cerpen terdiri dari unsur intrinsik (unsur dalam)dan Unsur ekstrinsik (unsur luar)
1. Unsur Intrinsik 
a. tema adalah isi yang menjiwai seluruh cerita atau karangan 
b. alur/plot adalah jalan cerita / urutan kejadian yang dikisahkan dalam cerita, awal cerita sampai akhir cerita (alur maju dan alur mundur).
c. Tokoh adalah pemeran atau para tokoh yang berperan dalam suatu cerita tokoh utama,tokoh tambahan.
d. Setting atau tempat kejadian peristiwa dalam cerita yang sedang berlangsung
e. Penokohan atau perwatakan adalah karakteristik tabiat atau perilaku dari para tokoh dalam suatu cerita (tokoh antagonis =tokoh jahat, protagonis =tokoh lakon, yang menjadi tokoh utama yang memiliki nilai kebaikan , tokoh tritagonis= tokoh tambahan yang mendukung tokoh protagonis.
f. Suasana adalah suasana hati yang ditimbulkan oleh suatu karya sastra, se[erti perasaan benci, sedih, simpatiantipati, sayang dan sebagainya.
g. Pesan atau amanat adalah inti sari/hikmah yang di sampaikan oleh pengarang. Pesan didapat setelah cerita berakhir yang harus diresapi dan dirasakan oleh pembaca.
Pesan atau amanat dalam suatu cerita dapat berbentuk atau diuraikan secara
- tersurat (pesan atau amanat dapat ditemukan secara langsung dalam cerita karena ditulis oleh pengarang dengan jelas.)
  - tersirat ( pesan atau amanat yang disampaikan oleh pengarang tidak tertulis, sehingga pembaca harus berpikir dan menarik kesimpulan berdasarkan hikmah atau manfaat setelah membaca cerita tersebut)

2. Unsur ekstrinsik adalah unsur yang berada di luar sastra .
a. adat istiadat adalah kebisaan yang terjadi dalam masyarakat, yang dapat mencakup unsur budaya yang ada pengaruhnya dalam cerita .
b. biografi pengarang adalah riwayat hidup pengarang 
c. situasi zaman adalah keadaan atau pristiwa yang sedang terjadi pada saat itu,ketika sastra itu ditulis dan diciptakan 


























 
Jalan Tak Ada Ujung 
Karya Muchtar Lubis 

 Isa seorang penakut, dia takut kepada tentara Belanda. Dia benci akan senjata. Dia gemetar mendengar desingan peluru yang mematikan dan membawa kesedihan itu. Tetapi, dia juga takut kalau tidak ikut berjuang 
 Hanya di dekat istrinya dia merasa aman. Tetapi dia tidak dapat berbuat apa-apa lagi karena perasaan takut yang terus memburunya, telah melumpuhkan semangat dan jiwanya. Akibatnya, dia tidak dapat mencerminkan seorang laki-laki yang baik.
 Sebelumnya hazil adalah seorang pemuda yang penuh rasa optimis, antusias, nekad dan tak kenal rasa takut meskipun penuh dengan resiko. Dia yakin benar akan pribadinya itu.
 Di dalam suatu serangan kedua, kedua pemuda itu tertangkap Belanda. Kemudian keduanya diperiksa dan disiksa. Didalam sel tahanan guru Isa mengalami siksaan yang luar biasa. Karena rasa takutnya, akhirnya ia memutuskan mati untuk negeri dan rakyatnya. Dia tetap bungkam dan tak mau membocorkan rahasia perjuangannya. Di puncak ketakutannya, tiba-tiba dia merasa seolah-olah darahnya mengalir kembali ke seluruh urat sarafnya. Dia merasa gembira bahwa kelemahannya yang luar biasanya itu telah melenyapkan rasa takutnya. Dia merasa bebas, dia tak lagi merasa takut mendengar derap sepatu Belanda yang mendekat. Siksaan dan kematian pun tidak dapat menakut-nakutinya dan akhirnya guru Isa pun ditembak mati oleh tentara Belanda dalam keadaan senyum di balik bibirnya dia bangga dalam dirinya karena bungkam dan tidak membocorkan rahasia demi negara dan rakyatnya.
 Sebaliknya Hazil yang pemberani itu tak tahan akan siksaan yang dilakukan oleh tentara Belanda yang sengaja untuk mengorek rahasia dari mulut Hazil. Dia akhirnya membeberkan semua rahasia perjuangan agar bebas dari siksaan. Dia menghianati perjuangan hanya untuk menyelamatkan dirinya.

Berdasarkan cerita di atas, coba anda jelaskan unsur-unsur intrinsik dan ektrinsiknya!
Unsur intrinsik cerpen
1. tema 
2. alur /plot
3. tokoh 
4. perwatakan / penokohan
5. suasana 
6. pesan / amanat yang disampaikan oleh pengarang
unsur ekstrinsik
a. situasi zaman adalah keadaan atau pristiwa yang sedang terjadi pada saat itu, ketika cerita itu ditulis dan diciptakan jelaskan!.
b. Biografi pengarang/riwayat hidup pengarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar