Rabu, 21 November 2012

JENIS PARAGRAF BERDASARKAN LETAK KALIMAT UTAMA


Contoh Paragraf Induktif - Paragraf induktif dimulai dengan uraian atau rincian hal-hal yang khusus. Kemudian, uraian disimpulkan pada akhir paragraf. Kesimpulan merupakan hal yang bersifat umum. Paragraf induktif disebut juga paragraf pengembangan khusus - umum. Berikut adalah 2 Contoh Paragraf Induktif.

Contoh 1

Saat ini pemerintah mendirikan rumah sakit di mana-mana, baik di kota maupun di desa. Tentu saja dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Dalam bidang pendidikan, pemerintah selalu mengupayakan kualitas sehingga kurikulum berubah-ubah sampai menetapkan program yang terakhir berupa KTSP. Dalam bidang ekonomi, Indonesia terlihat jatuh terpuruk karena dengan angka-angka yang ada Indonesia masih mempunyai hutang luar negeri yang cukup besar. Bidang-bidang yang lain pun masih membutuhkan penanganan yang serius. Memang tugas pemerintah Indonesia sangat berat.
Contoh 2

Di sebagian besar daerah pedesaan secara menyebar didirikan tempat pendidikan yang berupa sekolah dasar. Meningkat, di kota kecamatan, pemerintah mengusahakan berdirinya sekolah menengah tingkat pertama atau bahkan sebagian berdiri pula sekolah menengah atas. Pada tingkat kabupaten, terutama kabupaten yang sudah maju, bermunculan perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri. Selain tempat pendidikan formal yang sudah disebutkan itu, menjamur pula tempat pendidikan nonformal, misalnya: tempat pelatihan komputer, kursus menyablon, kursus memasak, potong rambut, bengkel mobil, pertanian, dan kerajinan. Jadi, anak sekarang seharusnya tidak mengalami kesulitan lagi memilih tempat pendidikan di negeri ini. Anak tinggal menentukan tempat berpendidikan dengan menyesuaikan kesenangan dan kemampuannya.
ontoh Paragraf Deduktif - Paragraf deduktif dikembangkan mulai dengan menuliskan gagasan utama atau pikiran utama pada awal paragraf sebagai data yang umum, kemudian dijabarkan dalam beberapa pikiran penjelas sebagai sesuatu yang khusus. Paragraf deduktif disebut juga paragraf pengembangan umum - khusus. Berikut adalah 2 Contoh Paragraf Deduktif.

Contoh 1

Pada masa sekarang ini banyak rumah sakit dibangun, baik itu rumah sakit negeri maupun swasta. Semarak berdirinya rumah sakit tersebut diperkirakan karena adanya izin pendirian rumah sakit yang relatif mudah. Rumah sakit negeri di daerah tertinggal mempunyai jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan swasta. Hal tersebut dapat dinalar karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi, misalnya faktor finansial, sosial, asal-muasal adanya dokter, dan masih banyak lagi.

Contoh 2

Yogyakarta sampai saat ini mempunyai sebutan "Kota Pelajar". Tentu saja sebutan itu tidak muncul begitu saja oleh masyarakat lingkungan yang menyebutnya, begitu pula pemilik Yogyakarta yang mendapatkan sebutan tersebut. Sebutan itu mempunyai alasan dan sejarah panjang. Pada tahun 1945 di Yogyakarta didirikan sebuah Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Gadjah Mada. Di tempat itulah para pemuda saat itu digembleng mental dan spiritualn




Contoh Paragraf Campuran Deduktif-Induktif - Paragraf campuran merupakan jenis paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal maupun di akhir paragraf. Sehingga paragraf ini juga disebut dengan istilah "Paragraf Deduktif-Induktif". Pola pengembangan paragraf ini yaitu umum - khusus - umum. Maka akan terdapat keterkaitan yang sangat erat antara kalimat di awal paragraf dengan kalimat di akhir paragraf. Berikut adalah 2 Contoh Paragraf Campuran Deduktif-Induktif.

Contoh 1

Dalam buah terkandung beberapa macam vitamin yang mengandung manfaat. Salah satunya adalah vitamin A yang berguna untuk kesehatan penglihatan. Vitamin A juga menjaga kesehatan sel pada berbagai macam struktur mata dan diperlukan untuk transfer cahaya menjadi tanda-tanda syaraf di retina. Kemudian kandungan vitamin yang terkandung dalam buah adalah vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks berfungsi untuk membantu sel tubuh menghasilkan energi, kesehatan jantung serta metabolisme karbohidrat serta berfungsi melindungi tubuh dari penyakit kanker. Lalu dalam buah juga terkandung vitamin C yang berguna untuk membantu imunitas. Vitamin C merupakan senyawa penting yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas atau daya tahan tubuh kita dapat menurun saat kita banyak beraktifitas tanpa disertai pola makan yang sehat dan teratur. Daya tahan tubuh yang terganggu juga diakibatkan oleh serangan radikal bebas berupa polusi udara dari asap kendaraan bermotor dan asap rokok. Radikal bebas akan membuat sel-sel tubuh kita mudah rusak dan tidak mampu berfungsi dengan baik. Itulah beberapa macam vitamin yang terkandung dalam buah dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Contoh 2

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak akan dapat hidup tanpa air. Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia, bayangkan saja manusia bisa menahan lapar berhari-hari namun manusia tidak bisa menahan kebutuhan akan air karena air merupakan komponen utama dari tubuh, rata-rata tiap orang memiliki 60% air dari berat tubuhnya. Semua sistem didalam tubuh tergantung oleh air. Sebagai contoh, air akan membilas racun dari organ vital, membawa nutrisi ke sel tubuh dan menghasilkan kelembapan bagi jaringan telinga, hidung dan tenggorokan. Kurangnya air dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, yaitu keadaan yang timbul karena tubuh kekurangan air sehingga tidak dapat menjalankan fungsi normalnya. Setiap saat Anda akan kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urin dan pergerakan usus. Agar tubuh berfungsi normal, maka air yang hilang harus digantikan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung air. Bayangkan saja apa yang akan terjadi pada manusia jika persediaan air telah habis. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus peduli, menjaga dan melestarikan lingkungan kita, agar kelak sumber air kita tidak habis dan tidak akan terjadi krisis air bersih.
sumber http://andi_11.mywapblog.com/contoh-paragraf-deduktif.xhtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar