Kegiatan
Rutin,
yaitu kegiatan yangdilakukan terjadwal
• Piket
kelas
• Ibadah
• Berdoa
sebelum dan sesudahpembelajaran di kelas
• Bakti
sosial
Spontan, adalah kegiatan
tidakterjadwal dalamkejadian khusus
• Memberi
dan menjawab salam
• Meminta
maaf
• Berterima
kasih
• Mengunjungi
orang yang sakit
• Membuang
sampah pada tempatnya
• Menolong
orang yang sedang dalamkesusahan
Keteladanan,adalah
kegiatandalam bentukperilaku sehari-hari
• Performa
guru
• Mengambil
sampah yang berserakan
• Cara
berbicara yang sopan
• Mengucapkan
terima kasih
• Meminta
maaf
• Menghargai
pendapat orang lain
• Memberikan
kesempatan terhadap
pendapat yang
berbeda
• Mendahulukan
kesempatan kepada
orang tua
• Penugasan
peserta didik secara bergilir
• Menaati
tata tertib (disiplin, taatwaktu, taat pada peraturan)
• Memberi
salam ketika bertemu
• Berpakaian
rapi dan bersih
• Menepati
janji
• Memberikan
penghargaan orang yang berprestasi
• Berperilaku
santun
• Pengendalian
diri yang baik
• Memuji
pada orang yang jujur
• Mengakui
kebenaran orang lain
• Mengakui
kesalahan diri sendiri
• Berani
mengambil keputusan
• Berani
berkata benar
• Melindungi
kaum yang lemah
• Membantu
kaum yang fakir
• Sabar
mendengarkan orang lain
• Mengunjungi
teman yang sakit
• Membela
kehormatan bangsa
• Mengembalikan
barang yang bukan
miliknya
• Antri
• Mendamaikan
Jenis Pengembangan Diri yang
ditetapkan disekolah adalah sebagai berikut ini
Jenis Pengembangan Diri
Nilai-nilai yangditanamkan Strategi
A. Bimbingan Konseling(BK)
• Kemandirian
• Percaya diri
• Kerja sama
• Demokratis
• Peduli sosial
• Komunikatif
• Jujur
• Pembentukankarakter
ataukepribadian
• Pemberian motivasi
• Bimbingan karier
B. Kegiatan Ekstrakurikuler:
1. Kepramukaan
• Demokratis
• Disiplin
• Kerja sama
• Rasa Kebangsaan
• Toleransi
• Peduli sosial
danlingkungan
• Cinta damai
• Kerja keras
• Latihan
terprogram(kepemimpinan,berorganisasi)
2. UKS dan PMR
• Peduli sosial
• Toleransi
• Disiplin
• Komunikatif
• Latihan terprogram
3. KIR
• Komunikatif
• Pembinaan rutin
Jenis Pengembangan Diri
Nilai-nilai yangditanamkan Strategi
• Rasa ingin tahu
• Kerja keras
• Senang membaca
• Menghargai prestasi
• Jujur
• Mengikutiperlombaan
• Pameran atau pekanilmiah
• Publikasi ilmiahsecara
internal
4. Olahraga
• Sportifitas
• Menghargai prestasi
• Kerja keras
• Cinta damai
• Disiplin
• Jujur
• Melalui latihanrutin
(antara lain:bola voli, basket,tenis meja,badminton, pencaksilat, outbond)
• Perlombaan olahraga
5. Kerohanian
• Religius
• Rasa kebangsaan
• Cinta tanah air
• Beribadah rutin
• Peringatan hari
besar agama
• Kegiatan
keagamaan
6. Seni budaya/Sanggarseni
• Disiplin
• Jujur
• Peduli budaya
• Peduli sosial
• Cinta tanah air
• Semangat
kebangsaan
• Latihan rutin
• Mengikuti vokal
grup
• Berkompetisi
internal dan
eksternal
• Pagelaran seni
7. Kesehatan reproduksiremaja
• Kebersihan
• Kesehatan
• Tanggung jawab
• Rasa ingin tahu
• Kegiatan rutin padawaktu
hari jum’at
8. Kepemimpinan
• Tanggung jawab
• Keberanian
• Tekun
• Sportivitas
• Disiplin
• Mandiri
• Demokratis
• Cinta damai
• Cinta tanah air
• Peduli lingkungan
• Peduli sosial
• Keteladanan
• Sabar
• Toleransi
• Kerja keras
• Pantang menyerah
• Kerja sama
• Kegiatan OSIS
• Kepramukaan
• Kegiatankerohanian
• Kegiatan KIR
• Kegiatan PMR
Jenis
Pengembangan Diri Nilai-nilai yang
ditanamkan
Strategi
9. Festival sekolah
• Kreativitas
• Etos kerja
• Tanggung jawab
• kepemimpinan
• Kerja sama
• Pasar seni
• Pagelaran seni ataumusik
• Pameran karyailmiah
• Bazaar
• Pasar murah
• Karya
seni
Tidak ada komentar:
Posting Komentar