Minggu, 04 Juli 2010

Memahami dan Membuat Rancangan Kerja (PROPOSAL)

Memahami dan Membuat Rancangan Kerja (PROPOSAL)
• Proposal merupakan rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Tujuan pembuatan proposal adalah utuk menginformasikan kepada pihak-pihak yang terlibat dan akan dilibatkan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, misalnya kegiatan pentas seni, pertandingan olah raga, acara kegiatan keagamaan , atau acara social lainnya. Sedangkan tujuan lainnya adalah mencari bantuan, baik moril maupun materil berupa dana ataupun dalaM bentuk penyediaan fasilitas, dan sebagainya.

• Penyusunan proposal mempunyai bentuk spesifikasi sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Namun secara garis besar dapat disusun dengan susunan materi sebagai berikut ; 1) Judul kegiatan, 2) Nama penyusun, 3) Kata pengantar atau pendahuluan, yang berisi latar belakang diadakannya kegiatan, 4) Bentuk atau jenis kegiatan, tempat dan waktu pelaksanaan (jadwal), 5) Rencana program kerja, 6) susunan panitia kegiatan, 7) Anggaran biaya yang dibutuhkan, 8) Penutup, berisi harapan untuk mendapatkan persetujuan ataupun bantuan supaya kegiatan dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana, 9) Lampiran-lampiran, misalnya berisi surat edaran, undangan, dan lain-lain.
Contoh kegiatan yang memerlukan penyusunan proposal
- OSIS akan mengadakan acara peringatan HUT RI di sekolah yang akan diisi dengan berbagai perlombaan. OSIS perlu menyusun proposal untuk mendapatkan persetujuan dan dukungan dari Kepala Sekolah.
- Suatu masayarakat akan membagun tempat ibadah . agar masyarakat memberikan sumbangan / bantuan, maka panitia perlu menyusun proposal yang dilengkapi dengan gambar rencana bangunan tempat ibadah tersebut.

I. FORMAT ISI PROPOSAL
1. JUDUL ATAU NAMA PROPOSAL
Topik kegiatan yang akan dilaksanakan contoh judul :
Proposal
good bye our brothers and sisters
“We’re inseparable psychologically ”
ENGLISH CLUB SMK NEGERI 3 TASIKMALAYA

2. DASAR PEMIKIRAN
Berisi uraian atau penjelasan dan alas an-alasan, tentang latar belakang atau dasar pemikiran mengapa suatu kegiatan dilaksanakan
Dengan berakhirnya tahun ajar 2006/2007, berakhir pulalah akan kebersamaan keanggotaan EC bersama kaka-kaka kelas tiga. Berat memang perpisahan yang harus berlangsung dalam waktu dekat ini, namun kami sadar bahwa kaka-kaka akan memasuki dunia yang lebih tinggi, akan mengarungi kehidupan yang lebih variatif dan membutuhkan perjuangan. Oleh karena itu, dengan ini kami merasa perlu untuk memberikan kesan yang mendalam bagi kaka tercinta sebagai kenangan terakhir dari kebersamaan yang terjalin dalam sebuah acara Good Bye Our Brothers and Sisters, dengan tema “We’re inseparable psychologically”.

Tidak terasa ibadah shaum telah meninggalkan kita, begitu juga Idul fitri yang penuh kehidmatan telah berangsur-angsur tak terlihat maknanya seiring dengan berjalannya waktu. Tetapi, waktu bukanlah penghalang untuk bersilaturahmi, bermuwajjahah bersama, bertukar pikiran bersama, berkumpul dalam tempat yang dimulyakan oleh Allah bersama. Walau shaum telah berakhir, walau idul fitri telah berganti dengan yang lainnya, tetapi halal bil halal antar warga (RT 05) menjadi sebuah momen yang penting bagi implementasi ibadah-ibadah yang telah dilakukan selama ini sekaligus intropeksi dan saling maaf antar warga.

3. TUJUAN
Apa atau maksud yang hendak dicapai melalui kegiatan tersebut.
Contoh:
Maksud Good Bye Our Brothers and Sisters adalah acara perpisahan anggota EC kelas tiga. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas karya yang telah diberikan dari kaka-kaka kelas dua belas terhadap organisasi EC.

Maksud dan tujuan dari proposal ini adalah untuk memohon kepada donatur dalam memberikan sumbangsihnya berupa materi yang akan digunakan dalam penyelenggaraan halal bil halal. dengan tema “mari kita kembali kepada kesucian” dengan pelaksanaannya diselenggarakan oleh DKM dan Pondok Pesantren Al-Ikhwan Zarnujiyyah RT. 05/01 Padayungan Tasikmalaya. Dana yang masuk akan dikelola dan diatur oleh panitia pelaksana yang terdiri dari tim DKM Al-Ikhwan dan RT 05 Padayungan.

4.BENTUK DAN JENIS KEGIATAN
Kegiatan yang dimaksud diatas adalah : contoh
Hari/
tanggal Waktu Kegiatan/tema Pelaksana Ket
Rabu
30 Mei 2007 13.30 – 14.00 Preparation MC Ruang I
14.00 – 14.30 Opening Ceremony
- Sambutan Ketua EC
- Sambutan Perwakilan EC kelas tiga
- Sambutan Pembina EC
- Sambutan Kepala Sekolah
- Pemberian Penghargaan/Piagam MC
Sona
Saeful
Hj. Neni,Dra
Kepala SMA4
Panitia Ruang I
14.30 – 15.00 Performing Art from Young EC Member
“A Gift for our Beloved Brother and Sister” EC Kls XI/X 30’
15.00 – 15.30 Performing Art from Old EC Member
“the tears for EC” EC kls XII 30’
15.30 – 16.00 Together in Art
- Poetry
- Music Bersama 30’
16.00 – 16.30 Dialog Perpisahan Bersama 30’
16.30 – 17.00 Sholat dan Sujud Syukur Bareng
“God Bless Us Forever” Bersama Mosque
17.00 – 17.30 The Last Having Lunch Bersama
17.30 – 17.45 Mushofahah
“Give me your heart not your hate” Ruang I
17.45 – ………. Closed MC Ruang I


5. PELAKSANAAN (waktu dan tempat pelaksanaan; kalau perlu melampirkan jadwal dan denah tempat ruangan)
Contoh:
Kegiatan di atas akan dilaksanakan pada Minggu malam senin tanggal 12 Nopember 2006/14 Syawal 1427. Pelaksanaan kegiatan diselenggarakan di Mesjid Al-Ikhwan yang berada di lingkungan PonPes Al-Ikhwan Zarnujiyyah Padayungan Tasikmalaya dengan alamat Jl. Sl. Tobing No 96 Padayungan Rt 05 Rw. 01 Cihideung Kota Tasikmalaya.
6. SUSUNAN KEPANITIAAN / TIM PELAKSANA
Panitia terdiri dari panitia yang dibentuk oleh EC. Susunan kepanitian tersebut adalah :

Pelindung dan Pembina Kepala Sekolah SMA N 4 Tasikmalaya
Dra. Tria
Dra. Hj. Neni
Team Guru Bahasa Inggris SMAN 4 Tasikmalaya
Ketua Pelaksana Faqih
Sekretaris Deni
Bendahara Rini
Seksi Acara Team dari EC

7. PESERTA / SASARAN KEGIATAN
Contoh: Peserta adalah siswa SMA N 3 Tasikmalaya yang telah terdaftar sebagai anggota English Club dengan jumlah perkiraan peserta yang hadir adalah 70 orang yang terdiri dari kelas X, XI dan XII.
8. BIAYA / DANA
- jumlah dana yang dibutuhkan
- perincian pemerolehan dana
- rencana alokasi dana

9. HARAPAN YANG DI INGINKAN /PENUTUP
Dengan proposal tersebut, penulis atau penyusun proposal berharap sesuatu kepada pembaca, misal memohon bantuan / sumbangan dana atau mohon member dukungan dan partisipasi dalam bentuk lain
Contoh: Semoga apa yang akan kita laksanakan mendapat ridho dan perlindungan dari Allah SWT. dan senantiasa Dia memberikan kepada kita kesehatan, amiin. Atas semua kebaikan dari semua pihak kami ucapkan terimakasih

10. LAMPIRAN
• Jadwal kegiatan
• Rincian biaya
• Formulir sumbangan dsb.

II. CONTOH PROPOSAL KEGIATAN
PERFORMING A√T
OSIS PRODUCTION
SMK DCI KOTA TASIKMALAYA
1. Pendahuluan

kreatifitas seni di tingkat siswa belum begitu sesemarak yang terlihat di media. Ini disebabkan masih terbatasnya waktu kreatifitas mereka dalam menghasilkan produk seni yang lebih kreatif. Kompetensi seni mereka belum teruji karena kesempatan belum berpihak. Hal inilah yang perlu disikapi bagi seluruh siswa yang mempunyai talent terhadap kemajuan seni dikalangan anak muda. Oleh karena itulah, kami sebagai anak muda yang sedikit peduli terhadap perkambangan keinginan seni anak muda berusaha untuk memfasilitasi beberapa keinginan siswa-siswa dalam hal kreatifitas seni.
Disini, kami mencoba akan memberikan media dan memberikan sebuah alternatif kegiatan seni anak muda dalam rangka PEKAN SENI SMK DCI, yang dirangkai dalam sebuah acara PERFORMING ART. Kegiatan ini bukanlah dimaksud sebagai kegiatan hedonise belaka, namun lebih mengarah kepada perhatian bakat-bakat seni siswa-siswa tingkat SMP dan SMA terhadap seni musik dan seni tari.
Sebagai langkah awal dari tujuan diatas, maka kami akan menyelenggarakan Parade Band siswa-siswa serta Modern Dance (SMP dan SMA/K) dan Nonton Bareng Film Perjuangan beserta Anak Panti Asuhan.
2. Maksud dan Tujuan
Dalam event ini dimaksudkan untuk mensiasati suatu ajang pertunjukan seni anak muda dalam mengembangkan bakat masing-masing. Kemampuan yang akan di pertunjukan adalah musik (Parade Band) dan tari (modern dance) serta Bakti Sosial terhadap anak Panti Asuhan (Nonton Bareng dan Bakti Sosial).
Diharapakan dalam performing art ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan bakat-bakatnya. Disini juga, kami mefasilitasi para siswa untuk lebih peka terhadap sosial lingkungan dalam memahami realitas hidup yang lebih kompleks, sehingga pada tujuan akhirnya dapat memberikan kesan solutif bagi kemajuan seni dan sosial pada jiwa siswa-siswa secara umum.
3. Target Peserta dan Audiens

Melihat dari objek Musik dan Dancing sebagai hobi dan bakat sebagian besar dari kalangan muda di SMP dan SMA/K saat ini, maka dpat di prediksikan bahwa peserta performing art akan banyak. Ini dapat dilihat dari banyaknya siswa SMP dan SMA/K yang banyak mempunyai group Band secara mandiri di lingkungannya. Hal ini akan membantu terselenggaranya acara yang diusung melalui Performing Art ini.
Dapat diperkirakan bahwa peserta Parade Band paling sedikit akan diikuti oleh 20 group band, sedangkan Modern Dance diperkirakan akan diikuti oleh 15 grup dimana mereka akan mewakili sekolah yang mengirimkannya sebagai partisipasi. Sedangkan untuk Nonton Bareng dan Baksos akan menghadirkan sekitar 25 orang Anak panti asuhan di salah satu Panti asuhan di Tasikmalaya.
Adapun audiens yang ditargetkan adalah para peserta dan pendukung dari peserta pertunjukan di seluruh sekolah tingkatan SMP dan SMA/K di Kota Tasikmalaya.
4. Bentuk Kegiatan & Teknis Pelaksanaan

Parade Band adalah Pertunjukan Band-band yang terdaftar dengan membawakan lagu yang diminatinya, sedangkan Modern Dance adalah pertunjukan Dancing yang disertai dengan musik dengan gerakan yang telah terlatih dari masing-masing grup. Kedua kegiatan ini dilaksanakan dalam satu acara Performing Art selama satu hari.
Untuk Nonton bareng dan Baksos dilaksanakan secara terpisah dalam hari berikutnya yang lebih mengutamakan kepekaan sosial siswa. Awal acara akan dipertontonkan sebuah film perjuangan dan diakhiri oleh tausyiah serta sumbangan kepada anak panti asuhan.
Performing Art (Parade Band dan Modern Dance)
Hari/Tanggal : Minggu,20 januari 2008
Waktu : Jam 08.00 – Selesai
Tempat : SMK DCI D1/DCI Kota Tasikmalaya, Jl. Sutisna Senjaya No 158 A
Nonton Bareng dan Baksos (Bersama Anak Panti Asuhan)
Hari/Tanggal : Minggu, 20 Januari 2008
Waktu : Jam 08.00 – Selesai
Tempat :SMK DCI Kota Tasikmalaya, Jl. Sutisna Senjaya No 158a

5. Rencana Anggaran Biaya

Estimasi Pemasukan:
1. Sumbangan Sekolah Rp. 100.000
2. Pendaftaran Peserta 30 Band X Rp. 50.000 Rp. 1.500.000
3. Pendaftaran Peserta 15 Moden Dance X Rp. 40.000 Rp. 600.000

Total Perkiraan Pemasukan Rp. 2.200.000

Estimasi Pengeluaran selama 2 Hari Pelaksanaan
Publikasi
1. Kesekretariatan Rp. 300.000
2. Undangan dan Pamplet Rp. 150.000
3. Spanduk 8 Buah X Rp.150.000 Rp. 1.200.000

Performing Art Live
1. Sewa Alat Musik dan Sound System Rp. 2.000.000
2. Sewa Panggung ukuran 5 X 7 m Rp. 500.000
3. Insentif Band Bintang Tamu Rp. 500.000
4. Door Prize Rp. 500.000
5. Dokumentasi, dekorasi Rp. 500.000
6. 2 set Tropy X Rp. 500.000 Rp. 1.000.000
7. Uang Pembinaan Juara 1 X 2 X Rp. 750.000 Rp. 1.500.000
8. Uang Pembinaan Juara 2 X 2 X Rp. 500.000 Rp. 1.000.000
9. Uang Pembinaan Juara 3 X 2 X Rp. 250.000 Rp. 500.000

Nonton Bareng dan Baksos
1. Sewa Alat dan Film Rp. 300.000
2. Bantuan Dana Anak Panti Asuhan Rp. 1.250.000

Pra pelaksanaan
1. Transportasi Undangan dan Publikasi Rp. 500.000

Lain-lain
1. Konsumsi Panitia 20 orang X 2 hari Rp. 500.000
2. Keamanan dan Kebersihan 2 hari Rp. 100.000

Total Perkiraan Pengeluaran Rp. 11. 800.000


Rekapitulasi Dana
Total Perkiraan Pemasukan Rp. 2.200.000
Total Perkiraan Pengeluaran Rp. 11.800.000

Defisit Anggaran Rp. -9.600.000
Catatan : Defisit anggaran diharapkan dapat dibantu dari sponsorship.
6. Struktur Organisasi dan Pelaksana Kegiatan

Pelindung : Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya
Kepala Sekolah SMK DCI Kota Tasikmalaya
Pembina : Wakasek Kesiswaan SMK DCI
Ketua OSIS SMK DCI
Ketua : Lia (X B)
Wk. Ketua : Bustomi
Sekretaris : Chaterina
Bendahara : Aety,Windi Happy
Koord. Humas : Yoga
Anggota Humas : Sandi, dan di bantu oleh Ketua Kelas X A, X B, X C
Koord. Dana Usaha : Oki Kajuya,Ade Imron
Anggota Danus : Eva,Eni,Asri,Dinar
Koord. Teknis : Bayu
Anggota : Keamanan kelas XA, B, C
Sekretariat

PANITIA PERFORMING ART
OSIS SMK DCI KOTA TASIKMALAYA
Jl. Sutisna Senjaya No. 158 A Kota Tasikmalaya Tlp. (0265) 313 204

Contact Person
Chaterina : 085 222 777 664
Sandi : 985 223 407 000


Penawaran Kerjasama dan Konpensasi

Sponsor Tunggal
 Perusahaan menanggung 85 % biaya yang diajukan dan berhak akan 100 % segala bentuk publikasi di segala media yang disediakan
 Nama Kegiatan akan memakai nama produk “............PERFORMING ART; PARADE BAND DAN MODERN DANCE”
 Penjualan produk akan dimasukan dalam pendaftaran
 Stand penjualan produk
2. Sponsor Utama
 Perusahaan menanggung 65 % biaya yang diajukan dan berhak mendapatkan 70 % segala bentuk publikasi yang disediakan
 Nama perusahaan/Produk akan disebutkan dalam spot radio, ad lips, spanduk kegiatan, pemasangan logo Produk di panggung
 Stand penjulan produk
3. Sponsor Pendukung
 Menanggung 35 % dari dana yang diajukan dan berhak mendapatkan 30 % bentuk publikasi di segala media yang disediakan
 Nama produk akan disebutkan dalam spot radio, ad lips, spanduk kegiatan, pemasangan logo Produk di panggung
Bentuk Publikasi:
 Ad Lips dan spot di stasiun Radio di kota Tasikmalaya
 Spanduk di tempat strategis
 Pamplet-pamplet di sekolah-sekolah SMP dan SMA di kota Tasikmalaya dan tempat lainnya
Penutup

Demikianlah proposal ini kami ajukan, kami berharap semoga segala bentuk sesuatu yang diharapkan dan direncanakan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan.
Semoga sebuah hal yang diawali dengan niat yang baik mudah-mudahan mendapat akhir yang baik pula. Amin
Kami sangat berharap partisipasi Bapak/Ibu baik perorangan, instansi, ataupun perusahaan dapat membantu dan terlaksananya kegiatan ini, sebelum dan sesudahnya kami haturkan terimakasih.

Tasikmalaya, 5 Desember 2007
Ketua Pelaksana




Yogaswara Permana Sekretaris,




Chaterina

Diketahui,



Penanggung Jawab
Kepala SMK DCI Tasikmalaya,



..........................

1 komentar:

  1. assalamu'alaikum , pa abi zacky murid kelas xa,,, keren eung blogna,,,

    BalasHapus