Senin, 12 Juli 2010

Tips Meningkatkan Motivasi Balajar Anak

Banyak masalah mengenai anak yang susah belajar akibat kehilangan motivasi. Banyak hal yang mempengaruhi emosi anak untuk sadar belajar dengan keinginan sendiri. Orangtua tidak boleti lepas tangan mengenai pendidikan anak-anaknya di sekolah. Jumlah murid yang banyak dalam satu kelas ditambah dengan beban mata pelajaran yang semakin banyak membuat para guru kewalahan. Inilah yang menyebabkan orangtua harus ikut memperhatikan putra putrinya di sekolah. Bagaimana tips bagi orangtua untuk meningkatkan motivasi belajar anak?

• Orangtua harus bisa menjalin kerjasama dengan pihak sekolah untuk mengatasi kekurangan sekolah. Misalnya, membantu sekolah untuk meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler sekolahnya. Orangtua jangan hanya menuntut sekolah saja, melainkan berusaha membangun komunikasi dengan sekolah.

• Orangtua menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi putra putrinya. Misalnya mengubah gaya belajar di sekolah dengan menata ruang tempat belajar agar lebih kondusif untuk anak-anak. Misalnya, memungkinkan anak-anak membuat PR sambil bermain.

• Memberi pelajaran tambahan untuk anak, baik di sekolah maupun mendatangkan guru les ke rumah. Tapi harus diperhatikan agar pemberian les atau pelajaran tambahan itu jangan sampai membebani anak.

• Berilah kesempatan bagi anak untuk mengembangkan kemampuan gaya belajarnya. Persoalannya banyak anak-anak yang memiliki gaya belajar kinestetik yang tidak berani memperlihatkan gaya belajarnya itu. Karena takut dengan guru, mereka secara otomatis mematikan potensinya itu. Keadaan ini justru membuat kondisi belajar anak di sekolah semakin parah.

1 komentar:

  1. kalau dikaitkan dengan pola belajar anak bagaimna pak?kebanyakan murid belajar suka mengandalkan otak kiri daripada otak kanan, atau sebaliknya.
    padahal yang seharusnya ketika belajar bukankah harus seimbang?

    BalasHapus