Minggu, 04 Juli 2010

UKURAN PENGETIKAN KARYA ILMIAH

UKURAN PENGETIKAN KARYA ILMIAH
1. Ukuran Kertas
Naskah diketik diatas kertas A4 putih ukuran 21,5 cm X 29,7 cm, dengan berat 80 gram. Jika perlu menggunakan kertas khusus seperti kertas milimeter untuk grafik, kertas kalkir untuk bagan/gambar, dan yang sejenisnya, yang melebihi ukuran kertas, dimungkinkan dengan catatan kertas khusus tersebut
dilipat sesuai ukuran naskah
2. Marjin
Batas tepi pengetikan (marjin) skripsi adalah sebagai berikut :
a. Marjin kiri = 4 cm
b. Marjin atas = 3 cm
c. Marjin kanan = 3 cm
d. Marjin bawah = 3 cm
3. Spasi
Jarak antara baris (spasi) pengetikan naskah adalah 2 spasi. Pengetikan judul tabel dan judul gambar yang lebih dari satu baris adalah 1 spasi. Daftar kepustakaan diketik 1 spasi, sedangkan jarak pengetikan antara dua sumber kepustakaan adalah 2 spasi
4. Paragraf
Pengetikan alinea baru (paragraph) dimulai pada ketukan ke 6 dari marjin kiri, sedangkan jarak antar paragraph 3 spasi.
5. Huruf
Naskah diketik dengan komputer dengan menggunakan huruf yang standar, yakni huruf nomor 12 untuk Times New Roman dan Arial pada paket program Word series.
6. PENGETIKAN NASKAH
Bab, Sub-sub, dan anak sub-sub
Nomor dan nama bab ditempatkan di tengah marjin atas. Nomor bab ditulis dengan angka Romawi kapital (I,II,III dst), sedangkan nama bab ditulis dengan huruf kapital, dengan jarak 2 spasi. Nomor dan nama sub bab serta anak sub bab ditulis dengan huruf kecil, kecuali huruf pertama setiap kata selain kata
sandang. Nomor urut sub bab ditulis dengan abjad huruf kapital (A,B,C dst),sedangkan nomor urut anak sub bab dengan angka arab (1,2,3 dst).
Contoh :
II ………. (Judul Bab)
2.1 ……………….. (Judul Subbab)
2.2 ……………….. (Judul Subbab)
2.2.1 ………………(Judul Sub-Subbab)
Huruf Miring
Huruf miring digunakan untuk judul buku, nama terbitan berkala, atau nama publikasi lainnya, dalam daftar pustaka. Huruf miring juga digunakan untuk istilah, kosa kata, kalimat, dan transliterasi bahasa asing atau bahasa daerah. Huruf miring dapat diganti dengan pemberian garis di bawah huruf yang harus
dimiringkan, akan tetapi keduanya tidak boleh dikombinasikan
Pengertian:
• Laporan adalah komunikasi penulis untuk menyampaikan informasi kepada pihak lain karena tanggung jawab yang diembannya.
• Laporan merupakan suatu dokumen yang menyampaikan informasi mengenai seluruh masalah yang tengah diselidiki dalam bentuk fakta-fakta yang diarahkan kepada pemikiran dan tindakan yang diambil.

Fungsi laporan :
• Sebagai alat pertanggungjawaban bagi orang yang diberi tugas
• Landasan pimpinan dalam mengambil kebijakan / keputusan
• Alat melakukan pengawasan bagi pimpinan
• Dokumen untuk bahan studi serta sumber pengalaman bagi orang lain

Ciri laporan:
1. Menarik (masalah yang dibahas harus menarik )
2. Objektif (harus sesuai dengan fakta yang ada )
3. Sistematis ( mudah dimengerti dan dipahami pembaca)
4. Argumentative ( dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya)
5. Lugas (bahasa yang digunakan efektif dan logis)

I. Jenis dan bentuk kerangka laporan
1. Laporan penelitian/pengamatan
A. BAGIAN PELENGKAP PENDAHULUAN
a. Kulit luar/ jilid 1) Judul karangan ilmiah 2)keperluan penyusunan 3)nama penyusun 4) nama lembaga pendidikan(nama jurusan, fakultas, dan universitas 5) nama kota tempat lembaga pendidikan 6) tahun penyusunan.
b. Halaman judul
c. Halaman pengesahan (disediakan untuk mencantumkan nama-nama guru /dosen pembimbing, kepala sekolah, ketua jurusan atau nama seseorang yang bertanggung jawab akan kesahihan karangan ilmiah tersebut. (disesuaikan dengan kebutuhan)
d. prakata/ kata pengantar : berisi ucapan syukur, maksud/ tujuan karya ilmiah tsb dibuat, ucapan terima kasih, harapan-harapan yang biasanya berupa permohonan kritik dan saran, harapan manfaat, tempat dan tanggal penyelesaian, dan penyusun.
e. Daftar isi
f. Daftar tabel, daftar grafik, daftar gambar, daftar lambang
g. A bstrak / ihtisar ialah intisari keseluruhan isi laporan yang mencakup latar belakang, tujuan dan hasil penelitian
B. BAGIAN INTI / ISI
1. PENDAHULUAN (Bab I)
Bab pendahuluan adalah bab yang mengantarkan isi karangan ilmiah yang berisi hal-hal umum yang dijadikan landasan kerja dan arah kerja penyusunan
a. Latar Belakang ( mencantumkan alasan-alasan penulis, atau mengambil judul itu dan manfaat praktis yang dapat diambil dari karangan ilmiah tersebut. Mengemukakan juga beberapa buku yang yang telah dibaca yang juga memasalahkan topic yang sama atau yang relevan, dan juga menyebutkan perbedaan dengan pembahasan karangan ilmiah yang ditulis sekarang. Mencantumkan juga bagian-bagian yang akan dibahas dalam bab-bab berikutnya agar pembaca segera mengetahuinya secara sepintas.
b. Rumusan Masalah ( di dalamnya mencantumkan beberapa pertanyaan yang mengacu pada isi laporan yang di bahas di Bab II)
c. Batasan Masalah
d. Tujuan ( bagian ini untuk mencantumkan garis besar tujuan pembahasan dengan jelas, yaitu gambaran hasil yang akan dicapai
e. Manfaat penelitian
f. Anggapan dasar (hipotesis)
g. Metode Penelitian dan teknik penelitian
Metode adalah seperangkat langkah-langkah yang harus dikerjakan, teknik adalah cara melakukan setiap langkah penelitian tersebut. Jenis metode penelitian
a. metode deskriptif (dalam penelitian penulis dating ke sumber data dan menganalisis data itu apa adanya.
b. metode komparatif ( peneliti membandingkan dua sumber data)
c. Metode eksperimen ( peneliti melakukan percobaan di lapangan atau pengujian di laboratorium)
d. metode non lapangan (metode analisis isi, metode kajian pustaka)
f. Metode lapangan (metode sensus, metode survey, metode studi kasus)

2. BAB ANALISIS ATAU BAB PEMBAHASAN
Bab ini merupakan yang terpenting dalam penelitian ilmiah. Di dalam bab ini akan dilakukan berbagai kegiatan analisis, sintesis pembahasan , interpretasi, jalan keluar dan beberapa pngolahan data secara tuntas

3. BAB PENUTUP SIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi simpulan yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan. Simpulan yang dimaksud adalah gambaran umum seluruh analisis, selanjutnya, saran-saran penulis yang terkait dengan penelitian yang penulis lakukan.

4. DAFTAR PUSTAKA
Daftar bacaan yang dijadikan acuan atau landasan penyusunan laporan karangan ilmiah.
a. Urutan daftar pustaka untuk sumber di buku
1. nama penulis di tulis nama belakang nya terlebih dahulu
2. tahun terbit
3. judul buku
4. tempat terbit(kota)
5. nama penerbit
Cara menulis daftar pustaka
1. berurutan secara alfabetis tanpa nomer
2. daftar pustaka untuk satu sumber buku, di tulis dengan jarak antar baris satu spasi sedangkan daftar pustaka dengan buku yang berbeda sumber di beri jarak 2 spasi
Tarigan, Henri Guntur. 1985. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung :Angkasa
• Jika tidak terdapat nama penulis buku, ditulis nama lembaga yang menerbitkan
DIKNAS.1985.Prinsip Dasar Manusia. Bandung: Airlangga
• Jika nama penulis buku terdapat 2 orang, nama penulis pertama di balik bila nama penulis lebih dari 2 unsur.
Ahmad Suhana dan Udin Amburadoel
Suhana, Ahmad dan Udin Amboeradul.1985. Prinsip Dasar Manusia. Jakarta: Birojasa
• Jika penulis buku 3 orang atau lebih, cantumkan nama penulis pertama yang di balik, diikuti dengan singkataan et all./ dkk.
Ahmad Suhana, Udin Amburadoel dan Urif Kasmajid
Suhana, Ahmad et all. 1985. Prinsip Dasar Manusia. Tasikmalaya: Cempaka
b. Kalau sumbernya di internet
cara penulisannya:
pengarang/penyunting. Tahun.judul/edisi,jenis media.alamat internet.[tanggal di akses]
contoh: Udin, M.2009.Etika Komunikasi.Online.tersedia: http://www.ed.linguistik.hotml. [20 Oktober 2009].
c. Kalau sumbernya dari e-mail
cara penulisannya
pengirim. (alamat e-mail pengirim).(tahun, tanggal, bulan).judul pesan.Nama penerima pesan.[E-mail penerima pesan]
contoh: Budi, Ahmad.(budi@yahoo.com).(2009.25 Oktober) Laporan Penelitian. E-mail kepada Santia.[Santia@indo.Net.id.].

5. LAMPIRAN-LAMPIRAN
Penggalan Informasi , buku, surat keputusan, gambar photo, peta dan unsure-unsur lampiran lain yang ada hubungnnya dengan penelitian.

UNSUR-UNSUR LAPORAN BERDASARKAN JENIS LAPORAN

1. Kerangka Laporan Diskusi
1. Judul atau masalah yang didskusikan
2. Tujuan diskusi
3. Pelaksana dan peserta diskusi yang mencakup:
a. Narasumber yang menyampaikan pokok-pokokpikiran, pemakalah atau yang menyampaikan makalah/penulis.
b. Moderator yang memimpin diskusi
c. Notulis
d. Peserta diskusi
e. Materi diskusi yang berupa makalah dan hasil diskusi
f. Tempat, waktu, dan penyelenggara diskusi
g. Hasil Diskusi (1.pokok materi diskusi yang disampaikan oleh pemakalah/pembahas 2. Pertanyaan-pertanyaan serta tanggapan yang disampaikan peserta diskusi )
h. Simpulan dan saran (1. Simpulan diskusi yang diambil dari makalah, para peserta yang brpendapat. 2. Masalah-masalah yang belum tuntas pembahasannya 3. Saran-saran tindak lanjut diskusi)
i. Lampiran (1. Makalah 2. Acara diskusi 3. Panitia diskusi 4. Daftar hadir


2. Kerangka Laporan Wawancara
1. Pendahuluan ( 1. Latar belakang kegiatan wawancara. 2. Tujuan wawancara. 3. Narasumber. 4. Waktu pelaksanaan wawancara.
2. Isi ( 1.tema wawancara 2. Hasil wawancara )
3. Penutup (1. Simpulan 2. Saran)
3. Kerangka laporan praktikum
1. Judul praktikum
2. Halaman judul
3. Lembar pengesahan
4. kata pengantar
5. Daftar isi
6. Daftar tabel/ gambar/ lampiran
7. Bab I pendahuluan ( latar belakang praktek, maksud dan tujuan, pelaksanaan praktek)
8. Bab II (latar belakang perusahaan, Tempat dan kedudukan Instansi, pelayanan instansi, struktur organisasi perusahaan)
9. Bab III (Pelaksanaan (tempat, tanggal, waktu, lama kegiatan, jadwal kegiatan, Langkah kerja, Data yang diperoleh dsb.)
10. Simpulan
11. Saran
12. Daftar pustaka
13. Lampiran
4. Laporan buku (Resensi)
1. Pendahuluan
- Judul buku
- Pengarang
- Penerbit
- Tahun terbit
- Tebal buku
2. Isi berisi ikhtisar/ ringkasan buku
3. Simpulan : penilaian tentang aspek-aspek yang menarik, kelebihan, dan kekurangan dari segi isi, bahasa sistematika
4. Saran: karya tersebut perlu dibaca apa tidak?
5.
5. Laporan kunjungan atau perjalanan
1. Judul (laporan kunjungan ke….
2. Tujuan kunjungan
3. Lama kegiatan, waktu, dan jadwal kegiatan
4. Bentuk dan jenis kegiatan
5. Hasil yang diperoleh, misalnya gambaran keadaan/situasi lokasi
6. Simpulan
7. Saran
8. Lampiran ( logo, peta, bagan struktur, skema, dsb.)
9. Biografi penulis

6 Contoh Laporan Lengkap, Laporan Buku:

Judul Buku : ......................................................................
Nama Pengarang : ......................................................................
Nama Penerbit : ......................................................................
Tahun Terbit : ......................................................................
Jumlah Halaman : ......................................................................
Kata Pengantar : Berisi ucapan terimakasih kepada tuhan, kepada orang-orang yang telah membantu terselesaikan laporan
Daftar Isi :
Pendahuluan : Isinya mengantar pembaca untuk mengetahui gambaran isi laporan
Uraian : Mengupas buku yang dibuat laporan oleh pembuat laporan
Kesimpulan : - Baik/buruknya buku yang dibaca
- Manfaat membaca buku tersebut
Penutup :
Daftar Pustaka :
Lampiran : Berisi Foto, Denah, Gambar, Grafik, Diagram dll

3 komentar:

  1. kenapa hrs menggunakan kertas 80 gr dan tdk 70 gr? bgmn jika menggunakan kertas ukuran legal?

    BalasHapus