RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X I/
1
Materi Pokok :
Pantun
Pertemuan ke- : 1
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A.
Kompentensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban terkaitan penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak
secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan
Indikator
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa
2.1 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk berekspresi
3.1 Memahami struktur
dan kaidah teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan ulasan/reviu film/drama
baik secara lisan maupun
tulisan
Indikator:
3.1.1
Menemukan
struktur teks pantun.
3.1.2
Mengidentifikasikan
jenis-jenis pantun berdasarkan strukturnya.
3.1.3
Menentukan
kaidah kebahasaan teks pantun.
3.1.4
Menjelaskan
isi pantun.
Indikator:
4.1.1 Menanggapi makna teks pantun
4.1.2 Menjelaskan kata atau istilah yang ada di
dalam teks pantun
C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah
mengamati teks pantun peserta didik dapat menentukan struktur teks pantun baik melalui lisan
maupun tulisan.
2. Setelah
mengamati teks pantun peserta didik dapat menentukan kaidah teks pantun baik melalui lisan
maupun tulisan.
3.
Setelah
melakukan pengamatan terhadap teks pantun, peserta didik
dapat mengidentifikasikan jenis-jenis pantun berdasarkan strukturnya.
4.
Setelah
membaca teks pantun, peserta didik
dapat menjelaskan teks pantun baik
secara lisan maupun tulisan.
5.
Selama
dan setelah proses pembelajaran, peserta
didik menunjukkan perilaku tanggung
jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk berekspresi.
6. Setelah
membaca teks pantun peserta didik dapat menanggapi teks pantun baik secara
lisan
maupun tulisan.
D. Materi Pembelajaran
Fakta
Teks pantun
Konsep
Struktur isi teks pantun
Kaidah teks pantun
Prosedur
Teknik membaca pantun
Teknik mengidentifikasi struktur dan
kaidah pantun
Prinsip
Struktur dan kaidah pantun diberikan
berdasarkan pengamatan dengan membaca contoh pantun
E. Metode
Pendekatan
: saintifik, discovery
Metode : diskusi dan penugasan
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media
Beragam
contoh teks pantun
Alat
LCD
Sumber
Pembelajaran
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa
Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik.. Jakarta.
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pendahuluan
(10
menit)
1.
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
2.
Peserta
didik dan pendidik melakukan curah
pendapat tentang manfaat pantun / fungsi pantun dalam dalam kehidupan
sehari-hari setelah menyimak pantun
(untuk menumbuhkan motivasi peserta didik dalam mempelajari teks pantun).
3.
Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.
Peserta
didik menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.
Inti ( 70 menit)
Mengamati
(
pemberian rangsangan dalam metode discovery)
Peserta didik membentuk kelompok kemudian
membaca contoh teks pantun.
Menanya (mengajukan masalah dalam metode discovery)
Peserta didik menanyakan hal-hal penting terkait struktur isi, ciri, kaidah, jenis-jenis pantun,
isi dalam teks pantun yang dibacanya.
Mencoba
(
merumuskan hipotesis/ jawaban sementara
dalam metode discovery)
Peserta didik mencoba menjawab
pertanyaan dan menemukan struktur isi,
kaidah, jenis-jenis
pantun, isi dalam teks pantun yang
dibacanya.
Menalar
/ Mengasosiasi ( mengumpulkan
data untuk membuktikan kebenaran hipotesis
dalam metode discovery)
Melalui diskusi kelompok , peserta didik
mengidentifikasi struktur , kaidah, jenis- jenis
pantun, dan mendiskusikan makna yang
terdapat dalam teks pantun dengan menggali
data pada teks yang dibaca.
Melalui
diskusi kelompok, peserta didik
menentukan kaidah kebahasaan yang terdapat dalam teks pantun yang sudah
dibaca.
Mengomunikasikan
Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok dalam diskusi kelas.
Peserta
didik memberi tanggapan baik berupa
pertanyaan , sanggahan, atau dukungan secara santun.
Penguatan
dari pendidik
Peserta
didik menarik simpulan dan merevisi
temuannya tentang struktur, kaidah, jenis-jenis,
dan makna pantun.
Penutup ( 10 menit)
1.
Peserta
didik membuat rangkuman.
2.
Peserta
didik dengan panduan pendidik melakukan refleksi , misalnya mereviu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih
lanjut.
3.
Peserta
didik mencatat informasi tentang tugas
lanjut sebagai pengayaan.
4.
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
H. Penilaian
Teknik
dan bentuk Instrumen
Teknik : Observasi
Tes tertulis
Tes lisan
Tes praktik –proyek
Bentuk
Instrumen :
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
Tes uraian, teks pilihan ganda, menemukan struktur teks pantun, mengidentifikasikan
jenis-jenis pantun berdasarkan
strukturnya,menentukan kaidah kebahasaan
teks pantun, menjelaskan isi pantun.
Teks praktik-proyek
Membuat teks
pantun berdasarkan jenis-jenis pantun
1.
INSTRUMEN
SIKAP
NO
|
NAMA PESERTA DIDIK
|
SPIRITUAL
|
TANGGUNG JAWAB
|
RESPONSIF
|
IMAJINASI
|
JUMLAH SKOR
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
|
|
|||
1
|
HERI MULYANTO
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|||||
2
|
……………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3
|
………………….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian sikap melalui observasi setiap
peserta didik adalah :
Skor perolehan
Nilai = ---------------------- x 100
12
Contoh perhitungan nilai sikap :
- Agus : 10/20 x 4 =
Dengan predikat :
Sangat baik (SB)
2. Instrumen penilaian diri
Topik :
Menambah cita rasa bahasa melalui seni berpantun
Subtopik : Memahami struktur,
kaidah kebahasaan, jenis, dan isi pantun
Indikator : Peserta didik
menyatakan bahwa dirinya bersikap :
disiplin, tanggung jawab, toleran, dan santun selama melaksanakan
kegiatan pembelajaran.
Nama peserta didik :
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya menyelesaikan tugas sesuai dengan
waktu yang telah ditentukan.
|
|
|
2
|
Saya menyelesaikan tugas sesuai dengan
waktu yang telah ditentukan.
|
|
|
3
|
Saya menerima pendapat dari teman saat
melaksanakan kegiatan.
|
|
|
4
|
Saya selalu bertanya dan mengemukakan
pendapat dalam diskusi kelompok dengan menggunakan bahasa dan sikap yang
santun.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Pedoman penskoran : ya : 2, tidak : 1
Contoh :
Perhitungan nilai : skor
perolehan/skor maksimal x 100
Nilai Agus : 7/8 x 100 : 87,5
=3,5 =SB
3. Instrumen
antar peserta didik
Topik :
Menambah cita rasa bahasa melalui seni berpantun
Subtopik :
Memahami struktur, kaidah kebahasaan, jenis, dan isi pantun
Indikator :
Peserta didik menunjukkan perilaku disiplin, kerja sama, toleran, santun selama melaksanakan kegiatan pembelajaran.
-
Amati
perilaku temanmu secara cermat selama mengikuti
pembelajaran!
-
Berikan
tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatanmu!
-
Serahkan
hasil pengamatanmu pada guru!
Nama Siswa yang dinilai :
Nama Siswa yang menilai :
No
|
Perilaku
|
Dilakukan/Muncul
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Kegiatan diselesaikan sesuai waktu yang
ditentukan
|
ü
|
|
2
|
Bersungguh-sungguh dalam melaksanakan
kegiatan
|
ü
|
|
3
|
Selama kegiatan pembelajaran menerima
pendapat dari teman.
|
ü
|
|
4
|
Selama melaksanakan pembelajaran
menyampaikan pendapat dan tanggapan dengan bersikap santun
|
|
ü
|
Pedoman penskoran :
Jawaban Ya skor : 2
Jawaban Tidak skor :
1
Contoh perhitungan
nilai :
Nilai Agus : 6 + 1 =7
7/8 x 100 = 87,5 (3,5 ) =
SB
4.Instrumen Penilaian Jurnal (contoh)
J u r n a l
Nama :
Aspek yang diamati :
Sikap disiplin, tanggung jawab, toleran, santun dalam kegiatan pemahaman
pantun.
No
|
Hari/Tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan/Tindak lanjut
|
1
|
|
Menyelesaikan kegiatan tepat waktu
|
1
|
2
|
|
Menyelesaikan kegiatan dengan
bersungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab
|
1
|
3
|
|
Mau menerima pendapat dari teman dengan
ikhlas
|
1
|
4
|
|
Sikap dan bahasa yang digunakan saat
melaksanakan kegiatan kurang menunjukkan sikap santun dan bahasa yang
digunakan kurang santun
|
0
|
Keterangan Sikap
positif mendapat sko 1, sikap negate mndapat sko 0
Skor perolehan
Nilai =
----------------------- x 100
Askor maksimal
Contoh perhitungan nilai
:
Nilai Akhir Sikap
Nama :
3/4x 100 = 75
= 3,0 = B
5.
Instrumen Penilaian
Pengetahuan
Indikator :
- Menemukan struktur teks pantun.
- Mengidentifikasikan jenis-jenis pantun berdasarkan strukturnya.
- Menentukan kaidah kebahasaan teks pantun.
- Menjelaskan isi pantun.
a.
Tes Tertulis
-
Pilihan Ganda
1.
Cermati pantun berikut ini!
Apa guna orang bertenun,
Untuk membuat pakaian adat.
Apa guna orang berpantun,
Untuk memberi petuah amanat.
Larik yang merupakan sampiran adalah baris
ke....
a.
1 dan 2
b.
2 dan 4
c.
1 dan 3
d.
2 dan 3
e.
1 dan 4
2.
Amati pantun berikut ini!
(1)
Bukan hamba takutkan mandi,
(2)
Takut hamba berbasah-basah,
(3)
mandi di lubuk pariangan.
(4)
Bukan hamba takutkan mati,
(5)
Takut hamba kan patah-patah,
(6)
Didalam bertunangan.
Isi pada pantun di atas terdapat pada....
a.
Baris (1), (3),
dan (5)
b.
Baris (2), (4), dan (6)
c.
Baris (1), (2), dan (3)
d.
Baris (4), (5), dan (6)
e.
Baris (1), (4), dan (6)
3.
Bacalah pantun di bawah ini!
Jikalau gelap orang bertenun,
Bukalah tingkap lebar-lebar.
Jikalau lenyap tukang pantun,
Sunyi senyap bandar yang besar.
Imaji yang terdapat dalam pantun di atas
yaitu....
a.
Imaji auditif
b.
Imaji taktil
c.
Imaji visual
d.
Imaji auditif dan imaji taktil
e.
Imaji visual dan imaji taktil
4.
Cermati pantun berikut ini!
Batu dibancah
jangan diungkit,
Kalau diungkit
kayunya tumbang.
Lebih parah
daripada sakit,
Karena kekasih
diambil orang
Berdasarkan isinya pantun di atas
termasuk....
a.
Pantun nasihat
b.
Pantun perpisahan
c.
Pantun beriba hati
d.
Pantun berkasih-kasihan
e.
Pantun bersukacita
-
Uraian
1. Cermati pantun berikut ini!
Orang bayang pergi mengaji,
Ke Cubadak jalan ke panti.
Meninggalkan sembahyang jadi berani,
Seperti badan tak akan mati.
Berdasarkan pantun di atas lengkapi kolom berikut ini.
2.
Jelaskan jenis-jenis pantun berdasarkan strukturnya!
3.
Carilah contoh pantun yang mengandung kiasan/ungkapan!
4.
Amati pantun berikut ini!
Buah cempedak di luar pagar,
Ambil galah tolong jolokkan.
Saya budak baru belajar,
Kalau salah tolong tunjukkan.
Jelaskan maksud isi pantun di
atas!
Pedoman Penskoran
b.
Tes Lisan
1.
Jelaskan struktur teks
yang terdapat dalam pantun!
2.
Apa yang dimaksud dengan pantun?
Pedoman penskoran
c.
Tes Penugasan
Carilah contoh-contoh pantun, kemudian
identifikasi struktur teks serta kaidah kebahasaannya.
|
6.Instrumen
Penilaian Keterampilan
Indikator : Menafsirkan makna pantun yang telah dibaca.
a. Tes Praktik
|
1. Bacalah
pantun yang terdapat dalam buku teks halaman 88.
2.
Tentukan makna pantun yang telah Anda
baca tersebut !
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Tes Proyek
Produk
|
1. Peserta didik mencari berbagai
jenis pantun.
2. Peserta didik membuat kliping dari pantun yang sudah dikumpulkannya.
3. Peserta didik menafsirkan makna pantun yang terdapat dalam kliping yang
telah dibuatnya.
Kliping
mengenai berbagai jenis pantun.
Tulisan
peserta didik mengenai interpretasi makna dari teks pantun yang terdapat
dalam kliping.
Rubrik
penilaian
LEMBAR
PENILAIAN LAPORAN HASIL OBSERVASI
KETERAMPILAN
Rentang Skor
Isi:
26 – 30 :
sangat baik – sempurna, menguasai topik tulisan
20 – 25 :
cukup – baik, cukup menguasai
permasalahan
15 – 19 :
sedang – cukup, penguasaan permasalahan terbatas
10 – 14:
sangat kurang – kurang, tidak menguasai permasalahan
Rentang Skor
Struktur Teks:
26 – 30 :
sangat baik – sempurna, gagasan terungkap lengkap dan jelas
20 – 25 :
cukup – baik, kurang lengkap tapi ide utama ternyatakan
15 – 19 :
sedang – cukup, urutan tidak logis, gagasan tidak terkait
10 – 14:
sangat kurang – kurang, gagasan tidak terorganisasi
Rentang Skor
Struktur Kosakata:
26 - 30 Sangat baik-sempurna, penguasaan kata, pilihan
kata, dan ungkapan efektif
20 - 25 cukup-baik, penguasaan kata memadai, ungkapan
kadang-kadang salah.
15 - 19 Sedang-cukup
penguasaan kata terbatas, sering terjadi kesalahan pilihan kata dan
ungkapan
10 – 14 sangat kurang-kurang , pengetahuan tentang
pilihan kata dan ungkapan rendah
Rentang Skor
Struktur Kalimat:
26 - 30 Sangat baik-sempurna, konstruksi kompleks dan
efektif
20 - 25 cukup-baik, konstruksi sederhana, terdapat
kesalahan kecil dalam konstruksi kompleks
15 - 19 Sedang-cukup, terjadi kesalahan dalam
konstruksi kalimat, dan makna membingungkan
10 – 14 sangat kurang-kurang, tidak menguasai tata kalimat,
tidak komunikatif
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Portofolio
|
Kumpulan karya
siswa.
|
Tasikmalaya, 11
Agustus 2014
Guru Mata
Pelajaran ,
Rizza Aria Ferdian, S.Pd
7959760662200012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar