RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Gemar Meneroka Alam Semesta
Pertemuan Ke- :
Alokasi
Waktu : 4 x 45 Menit
A.
Kompetensi Dasar
1.1
|
Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa.
|
1.2
|
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif
dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
|
1.3
|
Membandingkan teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik
melalui lisan maupun tulisan..
|
1.4
|
Memproduksi teks anekdot, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat, baik secara lisan maupun
tulisan.
|
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan
menganalisis informasi lisan dan tulis
melalui teks laporan hasil observasi.
2. Bersikap jujur,
disiplin, tanggung jawab, dan proaktif
dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk menceritakan
hasil observasi
3. Menyampaikan secara lisan dan tulis kejadian sosial di
masyarakat dan alam sekitar dalam teks laporan hasil observasi dengan tahapan yang benar :
Pertanyaan klarifikasi,
deskripsi bagian,
tujuan, fungsi, kegunaan dan lain-lain.
4. Menggunakan kohesi leksikal dan kalimat simpleks serta
kompleks dalam teks laporan hasil observasi
untuk menceritrakan hal atau kejadian sosial di masyarakat dan alam sekitar
Membedakan ciri- ciri teks laporan dengan teks deskripsi.
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Selama
dan setelah proses
pembelajaran, siswa dapat mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah
dan konteks untuk mempersatukan bangsa
melalui teks puisi “Burung-Burung Enggan Bernyanyi Lagi “ dan teks “Makhluk di
Bumi Ini.”
2. Selama
dan setelah proses
pembelajaran, siswa memiliki
dan menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk membuat laporan hasil observasi untuk
menceriterakan hal atau kejadian sosial di masyarakat dan alam sekitar melalui laporan hasil diskusi .
3. Selama dan setelah proses
pembelajaran, siswa memiliki pengetahuan untuk membuat laporan dari hasil
mengamati, membaca,memahami, bertanya, mencoba, mempraktikkannya.
D.
Materi Pembelajaran
Gemar Meneroka Alam Semesta :
a. Puisi ” Burung-Burung Engan Bernyanyi Lagi”
b. Teks ” Makhluk di Bumi Ini”
E.
Alokasi waktu
4 x 45 Menit
F.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Diskusi kelompok
dan Penugasan
G.
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1)
Siswa
merespon salam dan pertanyaan yang
berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.
2)
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)
Siswa
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat dan langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan Inti (70 menit )
1)
Siswa menjawab
pertanyaan guru tentang hal-hal yang berhubungan dengan Alam Semesta termasuk
penggunaan kaidah bahasa Indonesia
pada teks tersebut.
2)
Siswa dibagi menjadi 6 kelompok.
3)
Siswa mengambil nomor undian oleh
perwakilan kelompok yang dipersiapkan oleh guru , berisi perintah.
4) Siswa mendapatkan teks yang berkaitan dengan topik Meneroka
Alam Semesta ‘Puisi Burung-Burung Enggan
Bernyanyi “.
5) Dengan sikap tanggung
jawab, peduli, responsif, dan santun
siswa secara berkelompok membaca dan berdiskusi tentang topik Meneroka Alam
Semesta melalui teks Makhluk di Bumi Ini dan ‘ Puisi
Burung-Burung Enggan Bernyanyi’. Untuk
diceritakan kembali dalam bentuk
laporan.
6)
Wakil dari masing-masing kelompok
secara bergiliran melaporkan hasil diskusinya.
7)
Kelompok lain merespon atau
menanggapi dengan responsif dan santun
8)
Siswa mendengarkan umpan balik dan
penguatan dari guru
c. Kegiatan
Penutup (10 menit )
1)
Siswa bersama guru
menyimpulkan pembelajaran
2)
Siswa melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)
Siswa menjawab
pertanyaan yang diberikan oleh guru
4)
Siswa menyimak informasi
mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
H.
Penilaian
1. Penilaian proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan
dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PKn
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2.
Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Dapat menceriterakan kembali isi puisi Burung-Burung
Enggan Bernyanyi lagi
|
Tes
lisan
|
Lisan
|
1. Ceritkan kembali
isi puisi Burung-Burung Enggan Bernyanyi lagi !
|
Dapat menceriterakan kembali isi teks Mahluk di Bumi
Ini
|
Tes
Lisan
|
Lisan
|
2. Ceriterakan kembali
isi teks Mahluk di Bumi Ini !
|
Dapat membedakan
ciri-ciri teks Laporan dan teks
deskripsi
|
Tes Tertulis
|
Keterampilan
tertulis
|
3. Buatlah laporan hasil diskusi
tentang teks Sistem Peredaran Darah Manusia!
|
3.
Penilaian Autentik
1.
Buatlah sebuah puisi yang bertema alam ciptaan Tuhan
Yang Maha Kuasa dan buatlah teks laporan dari isi puisi tersebut !
Kunci Jawaban
1. Bervariasi sesuai dengan nalar
masing-masing kelompok , tentang isi teks puisi Burung-Burung Enggan Bernyanyi
lagi
2. Bervariasi sesuai dengan nalar masing-masing kelompok,
tentang isi teks Mahluk di Bumi Ini.
3. Struktur laporan hasil diskusi tentang Sistem
Peredaran Darah Manusia.
4. bervariasi sesuai dengan nalar masing-masing.
Pedoman Penskoran
1.
Soal
nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa
menjawab benar semua
|
6
|
Siswa
menjawab benar 6
|
5
|
Siswa
menjawab benar 5
|
4
|
Siswa
menjawab benar 4
|
3
|
Siswa
menjawab benar 3
|
2
|
Siswa
menjawab benar 2
|
1
|
SKOR
MAKSIMAL
|
6
|
2.
Soal
nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa
menjawab benar semua
|
5
|
Siswa menjawab
benar 5
|
4
|
Siswa
menjawab benar 4
|
3
|
Siswa
menjawab benar 3
|
2
|
Siswa
menjawab benar 2
|
1
|
SKOR
MAKSIMAL
|
5
|
3.
Soal
nomor 3
No.
|
Kunci/Kriteria
jawaban/Aspek yang dinilai
|
Tingkat
|
Skor
|
1.
|
Isi
·
Amat memahami; amat
luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·
Memahami; luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan
kutipan, meskipun kurang terinci.
·
Memahami secara
terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·
Tidak memahami isi;
tidak mengena.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
27 – 30
22 – 26
17 – 21
13 – 16
|
2.
|
Organisasi
·
Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat
logis; kohesi amat tinggi.
·
Teratur dan rapi; jelas;
banyak gagasan; urutan logis; kohesi tinggi.
·
Kurang teratur dan rapi; kurang
jelas; kurang gagasan; urutan kurang
logis; kohesi kurang tinggi.
·
Tidak teratur; tidak jelas; miskin gagasan; urutan tidak logis; tidak ada
kohesi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18 –20
14 – 17
10 – 13
7 - 9
|
3.
|
Kosakata dan Diksi
·
Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata;
pemilihan kata amat tepat.
·
Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata
yang tepat.
·
Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan
kata kurang tepat.
·
Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai
kata-kata.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18 –20
14 – 17
10 – 13
7 - 9
i.
|
4.
|
Bahasa (Tata Bahasa dan
Struktur)
·
Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan
penyusunan kalimat dan kata-kata.
·
Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata
bahasa tanpa mengaburkan makna.
·
Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan
tata bahasa yang mengaburkan makna.
·
Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.
|
Amat
baik
Baik
Sedang
Kurang
|
22 – 25
18 – 21
11 – 17
5 – 10
|
5.
|
Penulisan (Ejaan dan Tanda
Baca)
·
Amat menguasai kaidah penulisan
kata dan ejaan.
·
Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·
Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak
kesalahan.
·
Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.
|
Amat
baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
6.
|
Kerapian
·
Terbaca, bersih
dan rapi.
·
Terbaca, bersih, tapi tidak rapi.
·
Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·
Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
kurang
|
5
4
3
2
|
Soal
nomor 4
1.
Buatlah
sebuah laporan dari hasil pengamatan
Anda tentang meneroka alam semesta !
I.
Sumber Belajar
·
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
Akademik, Kelas X, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013
Guru Mata Pelajaran,
Rizza Aria Ferdian, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar