Selasa, 16 September 2014

RPP BAHASA INDONESIA SMA/SMK KUR 13 KELAS X -1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         :
Kelas/Semester             : X/1
Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia
Tema                            : Gemar Meneroka Alam Semesta
Pertemuan Ke-               : 
Alokasi Waktu                : 4 x 45 Menit

A.       Kompetensi Dasar
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
1.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif  dalam menggunakan  bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.

1.3
Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan..
1.4
Memproduksi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat, baik secara lisan maupun tulisan.
B.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.     Mensyukuri  anugerah  Tuhan  akan  keberadaan  bahasa  Indonesia  dan             menggunakannya  sebagai  sarana komunikasi dalam memahami,  menerapkan,       dan  menganalisis  informasi      lisan  dan tulis melalui teks laporan hasil observasi.
2.     Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif  dalam menggunakan          bahasa             Indonesia        untuk menceritakan hasil observasi
3.     Menyampaikan secara lisan dan tulis kejadian sosial di masyarakat dan alam sekitar         dalam               teks laporan hasil observasi dengan tahapan yang benar : Pertanyaan       klarifikasi, deskripsi       bagian, tujuan, fungsi, kegunaan dan lain-lain.
4.     Menggunakan kohesi leksikal dan kalimat simpleks serta kompleks dalam teks laporan      hasil     observasi untuk menceritrakan hal atau kejadian sosial di masyarakat dan alam            sekitar
Membedakan ciri- ciri teks laporan dengan teks deskripsi.

C.       Tujuan Pembelajaran
1.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa melalui teks puisi “Burung-Burung Enggan Bernyanyi Lagi “ dan teks “Makhluk di Bumi Ini.”
2.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki dan menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat laporan hasil observasi untuk menceriterakan hal atau kejadian sosial di masyarakat dan alam sekitar melalui laporan hasil diskusi .
3.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki pengetahuan untuk membuat laporan dari hasil mengamati, membaca,memahami, bertanya, mencoba, mempraktikkannya.

D.       Materi Pembelajaran
Gemar Meneroka Alam Semesta :
a.     Puisi ” Burung-Burung Engan Bernyanyi Lagi”
b.    Teks ” Makhluk di Bumi Ini”

E.       Alokasi waktu
4 x 45 Menit


F.       Metode Pembelajaran
Pendekatan      : Saintifik
Metode            : Diskusi kelompok dan Penugasan

G.       Kegiatan Pembelajaran
a.     Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)     Siswa merespon  salam dan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.
2)     Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)     Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.    Kegiatan Inti     (70 menit )

1)     Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berhubungan dengan Alam Semesta termasuk penggunaan kaidah bahasa Indonesia pada teks tersebut.
2)     Siswa dibagi menjadi 6 kelompok.
3)     Siswa mengambil nomor undian oleh perwakilan kelompok yang dipersiapkan oleh guru , berisi perintah.
4)     Siswa mendapatkan teks yang berkaitan dengan topik Meneroka Alam Semesta ‘Puisi Burung-Burung Enggan Bernyanyi “.
5)      Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca dan berdiskusi tentang topik Meneroka Alam Semesta melalui teks Makhluk di Bumi Ini dan  Puisi Burung-Burung Enggan Bernyanyi’.  Untuk diceritakan kembali  dalam bentuk laporan.
6)     Wakil dari masing-masing kelompok secara bergiliran melaporkan hasil diskusinya.
7)     Kelompok lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan santun
8)     Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru
c.     Kegiatan Penutup (10 menit )
1)     Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)     Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)     Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
4)     Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran

H.       Penilaian
1.       Penilaian proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PKn
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun

2.       Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Dapat menceriterakan kembali isi puisi Burung-Burung Enggan Bernyanyi lagi
Tes lisan
Lisan
1.  Ceritkan kembali isi puisi Burung-Burung Enggan Bernyanyi lagi !
Dapat menceriterakan kembali isi teks Mahluk di Bumi Ini
Tes Lisan
Lisan
2.   Ceriterakan kembali isi teks Mahluk di Bumi Ini !
Dapat membedakan ciri-ciri  teks Laporan dan teks deskripsi
Tes Tertulis
Keterampilan tertulis
3.   Buatlah laporan  hasil diskusi tentang teks Sistem Peredaran Darah Manusia!
3.       Penilaian Autentik
1.           Buatlah sebuah puisi yang bertema alam ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa dan buatlah teks laporan dari isi puisi tersebut !
Kunci Jawaban
1. Bervariasi sesuai dengan nalar masing-masing kelompok , tentang isi teks puisi Burung-Burung Enggan Bernyanyi lagi
2. Bervariasi sesuai dengan nalar masing-masing kelompok, tentang isi teks Mahluk di Bumi Ini.
3. Struktur laporan hasil diskusi tentang Sistem Peredaran Darah Manusia.
4. bervariasi sesuai dengan nalar masing-masing.

Pedoman Penskoran
1.      Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
6
Siswa menjawab benar  6
5
Siswa menjawab benar  5
4
Siswa menjawab benar  4
3
Siswa menjawab benar  3
2
Siswa menjawab benar  2
1
SKOR MAKSIMAL
6



2.      Soal nomor 2
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  5
4
Siswa menjawab benar  4
3
Siswa menjawab benar  3
2
Siswa menjawab benar  2
1
SKOR MAKSIMAL
5

3.      Soal nomor 3
No.
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1.
Isi
·      Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·      Memahami;  luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·      Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·      Tidak memahami isi; tidak mengena.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

27 – 30

22 – 26

17 – 21

13 – 16
2.
Organisasi
·      Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
·      Teratur dan rapi;  jelas; banyak  gagasan; urutan  logis; kohesi  tinggi.
·      Kurang teratur dan rapi;  kurang jelas; kurang  gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang tinggi.
·      Tidak teratur;  tidak  jelas; miskin  gagasan; urutan tidak logis; tidak ada kohesi.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

18 –20

14 – 17

10 – 13

7 - 9
3.
Kosakata dan Diksi
·      Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
·      Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
·      Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang tepat.
·      Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

18 –20

14 – 17

10 – 13

7 - 9
i.                        
4.
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·       Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
·       Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
·       Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·       Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.

Amat baik

Baik


Sedang


Kurang


22 – 25

18 – 21


11 – 17


5 – 10

5.
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·       Amat  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·       Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·       Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·       Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.

Amat baik
Baik

Sedang

Kurang


5
4

3

2
6.
Kerapian
·       Terbaca, bersih dan rapi.
·       Terbaca,  bersih, tapi tidak  rapi.
·       Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·       Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.

Amat baik
Baik
Sedang
kurang

5
4
3
2

Soal nomor 4
1.     Buatlah sebuah  laporan dari hasil pengamatan Anda tentang meneroka alam semesta !



I.         Sumber Belajar
·              Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik, Kelas X, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013




Guru Mata Pelajaran,



Rizza Aria Ferdian, S.Pd




Tidak ada komentar:

Posting Komentar