Selasa, 16 September 2014

RPP BAHASA INDONESIA SMK KUR.13 KELAS X-3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan       
Kelas/Semester             : X/1
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Tema                            : Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah pertemuan         :  1 x pertemuan

A.       Kompetensi Dasar
1.
Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi
3.
Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
4.
Memproduksi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.

B.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.          Memiliki sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat kata dan kelompok kata mengenai fakta(deskriptif dan klasifikasi) dan pendapat sederhana termasuk penggunaan modalitas yang digunakan dalam teks laporan ha  sil observasi.
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat kata dan kelompok kata mengenai fakta(deskriptif dan klasifikasi) dan pendapat sederhana termasuk penggunaan modalitas yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi.
3.       Memahami ciri-ciri kalimat definisi.
4.       Memproduksi kalimat definisi tentang suatu benda atau istilah teknis yang terkait dengan tema.
5.       Memproduksi kalimat deskripsi secara tertulis
6.       Memproduksi kalimat dengan menggunakan kelompok nomina penjenis dan kelompok nomina pendeskripsi secara tertulis

C.       Tujuan Pembelajaran
1.         Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat kata dan kelompok kata mengenai fakta(deskriptif dan klasifikasi) dan pendapat sederhana termasuk penggunaan modalitas yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi.
2.       Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat kata dan kelompok kata mengenai fakta(deskriptif dan klasifikasi) dan pendapat sederhana termasuk penggunaan modalitas yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi.
3.       Setelah membaca contoh teks laporan dan mendiskusikannya, siswa dapat memahami ciri-ciri kalimat definisi, perbedaan kalimat definisi dengan kalimat deskripsi, dan pengelompokan kata nomina dengan penjenis dan kelompok nomina dengan pendeskripsi secara tertulis.
4.       Setelah berdiskusi dan berlatih, siswa dapat memproduksi kalimat definisi, perbedaan kalimat definisi dengan kalimat deskripsi, dan pengelompokan kata nomina dengan penjenis dan kelompok nomina dengan pendeskripsi secara tertulis.

D.       Materi Pembelajaran
Gemar Meneroka Alam Semesta :
·         Teks  ”Harimau”
·         Ciri-ciri kalimat definisi
·         Kalimat deskripsi
·         Pengelompokan nomina dengan penjenis dan pengelompokan nomina pendeskripsi.

E.       Alokasi waktu
4 x 45 Menit

F.       Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode       : inkuiri dan penugasan

G.       Kegiatan Pembelajaran
a.     Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)     Siswa merespon  salam dan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya
2)     Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)     Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.    Kegiatan Inti ( 70menit)

1)     Sejauh mana pengetahuan dan kemampuan siswa tentang Alam Semesta, dengan membaca contoh teks laporan ”Harimau”.
2)     Siswa menjawab pertanyaan guru tentang teks laporan ”Harimau” hal-hal yang berhubungan dengan Alam Semesta termasuk penggunaan kaidah bahasa Indonesia pada teks tersebut.
3)     Siswa menjawab pertanyaan guru tentang  ciri-ciri kalimat definisi secara lisan.
4)     Siswa membuat definisi secara tertulis tentang suatu benda atau istilah yang terkait dengan tema.
5)     Siswa menjelaskan tentang perbedaan kalimat deskripsi dan kalimat definisi secara lisan.
6)     Siswa membuat contoh kalimat deskripsi.
7)     Siswa menjelaskan pengelompokan kata benda yang mempunyai ciri khusus dalam hal penjelas dan pendeskripsi pada tabel yang disediakan.
8)     Siswa membuat kalimat dengan menggunakan kelompok nomina penjenis dan kelompok nomina pendeskripsi secara tertulis.
9)     Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru
c.     Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1)     Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)     Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)     Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
4)     Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran

H.       Penilaian

1.       Penilaian proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PKn
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun

2.       Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Mengetahui pengertian dan ciri kalimat definisi.
Tes lisan
Lisan
1.  jelaskan ciri-ciri kalimat definisi!
Memproduksi kalimat definisi tentang suatu benda atau istilah teknis yang terkait dengan tema.

Tes tertulis
Keterampilan tertulis
2.   Buatlah 5 Kalimat definisi tentang suatu benda atau istilah yang terkait dengan tema!
Memproduksi kalimat deskripsi secara tertulis

Tes Tertulis
Keterampilan tertulis
3.   Buatlah 5 kalimat deskripsi!
Memproduksi kalimat dengan menggunakan kelompok nomina penjenis dan kelompok nomina pendeskripsi secara tertulis

Tes Tertulis
Keterampilan tertulis
4.   Buatlah kalimat yang di dalamnya terdapat kelompok nomina dengan penjenis dan kelompok nomina dengan pendeskripsi!

3.  Penilaian Autentik
Carilah teks laporan dengan judul lain selanjutnya carilah kalimat definisi dan kalimat deskripsi pada teks tersebut!
Kunci Jawaban
1.     Ciri-ciri kalimat definisi adalah bisa menggunakan konjungsi adalah, ialah, termasuk, digolongkan, terdiri atas, disebut, meliputi.
2.     Jawaban bervariasi sesuai dengan jawaban siswa tentang membuat kalimat definisi dari kata atau istilah.
Contoh kalimat definisi yang sesuai dengan tema :
a.     Populasi adalah sekelompok orang atau benda yang menjadi sampel.
b.    Herbivora adalah hewan pemakan tumbuh-tumbuhan.
c.     Spesies merupakan satuan dasar klasifikasi biologi.
d.    Invertebrata ialah binatang yang tidak bertulang punggung.
e.     Karnivor termasuk hewan pemakan daging.
3.     Jawaban bervariasi sesuai dengan jawaban siswa tentang membuat kalimat deskripsi.
4.     Jawaban bervariasi sesuai dengan jawaban siswa tentang pengelompokan nomina dengan penjenis dan pengelompokan nomina dengan pendeskripsi.
Pedoman Penskoran
1.      Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
7
Siswa menjawab benar  6
6
Siswa menjawab benar  5
5
Siswa menjawab benar  4
4
Siswa menjawab benar  3
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar 1
1
SKOR MAKSIMAL
7

2.      Soal nomor 2
Aspek
skor
1.     Pemilihan kata

a.     Efektif
3
b.    Kurang efektif
2
c.     Tidak efektif
1
2.     Kesesuain tema

a.     Sesuai
4
b.    kurang sesuai
2
c.     tidak sesuai
1
3.     kelogisan kalimat

a.    logis
3
b.    kurang logis
2
c.    tidak logis
1
JumLah skor
10

3.      Soal nomor 3
Aspek
skor
1.     Pemilihan kata

a.     Efektif
3
b.    Kurang efektif
2
c.     Tidak efektif
1
2.     Kesesuain tema

a.     Sesuai
4
b.    kurang sesuai
2
c.     tidak sesuai
1
3.     kelogisan kalimat

a.     logis
3
b.    kurang logis
2
c.    tidak logis
1
JumLah skor
10

d.      Soal nomor 4

Aspek
Skor
1.     Pemilihan kata

a.     Efektif
3
b.    Kurang efektif
2
c.     Tidak efektif
1
2.     Kesesuain tema

a.     Sesuai
4
d.    kurang sesuai
2
e.     tidak sesuai
1
3.     kelogisan kalimat

a.   logis
3
b.   kurang logis
2
c.    tidak logis
1
JumLah skor
10

Nilai = jumlah bobot x jumlah soal = 10 x 5 = 50

Sumber Belajar
·              Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik, Kelas X, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013













                                    Guru Mata Pelajaran,



                                    Rizza Aria Ferdian, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar