RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : X
/ 1
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema :
Gemar Meneroka Alam Semesta
Materi Pokok : Struktur
dan kaidah Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi
Waktu :
4 x 45 menit
Pertemuan ke
:
A. Kompetensi Dasar
1.2 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia
dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis
informasi lisan dan tulis melalui teks laporan hasil
observasi.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun
tulisan.
4.1 Menginterpretasi
makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1 Konsisten menggunakan bahasa Indonesia sesuai
dengan kaidah yang tepat dalam mempelajari teks laporan hasil observasi tentang
Banjir sebagai bukti implementasi rasa syukur atas anugrah Tuhan
Yang Masa Esa.
2.2.1 Bersikap jujur, disiplin, dan tanggung jawab
dalam mempelajari teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
3.1.1 Mengidentifikasi struktur dan kaidah teks
laporan hasil observasi tentang Banjir.
4.1.1 Meneliti atau menelaah teks laporan hasil
observasi tentang Banjir.
C. Tujuan Pembelajaran
1.2.1.1
Selama
dan setelah proses pembelajaran, siswa menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi tentang Banjir.
2.2.1.1
Selama
dan setelah pembelajaran, siswa dapat menunjukkan perilaku jujur, disiplin, dan
tanggung jawab dalam menggunakan bahasa Indonesia.
3.1.1.1
Selama
dan setelah pembelajaran, siswa dapat memahami struktur dan kaidah teks laporan
hasil observasi tentang Banjir.
4.1.1.1
Setelah
memahami struktur dan kaidah teks laporan
hasil observasi, siswa mampu menginterpretasikan makna teks laporan hasil
observasi tentang Banjir dengan benar.
D. Materi Pembelajaran
1.
Contoh
teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
2.
Stuktur
teks laporan hasil observasi tentang
Banjir.
3.
Kaidah
teks laporan hasil observasi tentang
Banjir.
4.
Mengainterpretasi
makna teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
E. Metode Pembelajaran
Problem Based
Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)
F. Media dan Sumber Pembelajaran
1.
Tim
Penyusun Buku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
untuk kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Tim
Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi 2). Jakarta:
Balai Pustaka.
3.
Contoh
teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
4.
Lembar
Kerja Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas X.
G. Langkah- langkah pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Siswa merespon salam.
2)
Siswa menjawab pertanyaan guru tentang
materi pembelajaran sebelumnya.
3)
Siswa menerima informasi keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4)
Siswa menerima informasi tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi teks
laporan observasi tentang Banjir.
5)
Guru mengarahkan siswa agar pelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dapat mengembangkan
sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui kegiatan
belajar teks laporan observasi tentang Banjir.
6)
Siswa membaca puisi yang berjudul “Burung-Burung Enggan Bernyanyi Lagi” dengan penuh
penghayatan untuk membangkitkan minat dan membangun pengetahuan siswa.
|
10 menit
|
Inti
|
1)
Siswa membentuk kelompok secara heterogen
dengan jumlah anggota tiap kelompok 5 orang.
2)
Siswa membaca teks tentang struktur
dan kaidah teks laporan hasil
observasi tentang Banjir.
3)
Siswa mencermati uraian yang
berkaitan dengan struktur dan kaidah
teks laporan hasil observasi tentang
Banjir.
4)
Siswa dan guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
5)
Siswa mencari dari berbagai
sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi tentang
Banjir.
6)
Siswa mendiskusikan
tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
7)
Siswa menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
8)
Siswa menuliskan laporan
kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
9)
Siswa membacakan hasil
kerja kelompok di depan kelas, siswa lain memberikan tanggapan.
10)
Siswa menginterpretasi
makna teks laporan hasil
observasi baik secara lisan maupun tulisan.
|
70 menit
|
Penutup
|
1) Siswa
bersama dengan guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
2) Guru
memberikan tugas secara individu agar siswa membuat klasifikasi berdasarkan
hasil observasi mengenai makhluk di bumi untuk dikumpulkan minggu depan.
3) Siswa
menyimak informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.
|
10 menit
|
H. Kisi-kisi Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Konsisten
menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang tepat dalam
mempelajari teks laporan hasil observasi tentang Makhluk di Bumi ini sebagai
bukti implementasi rasa syukur atas anugrah
Tuhan Yang Masa Esa.
|
Observasi
sikap
|
Lembar
pengamatan
sikap
|
Bersikap
jujur, disiplin, dan tanggung jawab dalam mempelajari teks laporan hasil
observasi tentang Banjir.
|
Observasi
kinerja
|
Rubrik
penilaian
|
Mengidentifikasi
struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
|
Tes
pengetahuan
tentang
struktur
dan
kaidah teks
|
Tes
tertulis
|
Meneliti
atau menelaah teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
|
Tes
menelaah teks laporan hasil observasi
|
Rubrik
penilaian
|
I. Penilaian
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
1.
|
Komitmen
Tugas
|
Observasi
|
Proses PBM
|
Lembar Pengamatan
|
2.
|
Kerja
Sama
|
|||
3.
|
Ketelitian
|
|||
4.
|
Minat
|
Contoh Format Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Skor
|
Nilai
|
||||
Komitmen Tugas
|
Kerja Sama
|
Ketelitian
|
Minat
|
Jumlah Skor
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penskoran
1.
Baik Sekali 4 3. Cukup 3,5
2.
Baik 3,75 4.
Kurang 3,25
2.
Penilaian
Hasil
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Mengidentifikasi
struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi mengenai Banjir.
|
Tes
pengetahuan
tentang
struktur
dan kaidah
teks
|
Tes
tertulis
|
Setelah
kalian membaca teks yang berjudul banjir, carilah struktur dan kaidah teks
laporan hasil observasi!
|
Meneliti
atau menelaah teks laporan hasil observasi mengenai Banjir.
|
Tes
menelaah teks laporan hasil observasi
|
Rubrik
penilaian
|
Laporkan
hasil diskusi kelompok di depan kelas!
|
Kunci Jawaban Struktur dan
Kaidah teks laporan hasil observasi
1.
Isi lengkap disusun secara runtut
2.
Menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan
3.
Menggunakan kosakata baku
4.
Menggunakan kalimat efektif
Pedoman Penskoran
Soal Nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab lengkap, benar dengan menggunakan kalimat efektif
|
4
|
Peserta
didik menjawab lengkap, benar, kalimat
kurang efektif
|
3,75
|
Peserta
didik menjawab kurang lengkap, benar,
kalimat kurang efektif
|
3,5
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap dan tidak benar
|
3,25
|
Skor Maksimal
|
4
|
Soal
Nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab lengkap, benar dengan menggunakan kalimat efektif
|
4
|
Peserta
didik menjawab lengkap, benar, kalimat
kurang efektif
|
3,75
|
Peserta
didik menjawab kurang lengkap, benar,
kalimat kurang efektif
|
3,5
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap dan tidak benar
|
3,25
|
Skor Maksimal
|
4
|
Contoh Format Penilaian Rubrik Kegiatan Diskusi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n g a m a t a n
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ket
|
||||
Kerja sama
|
Mengkomu-nikasikan pendapat
|
Toleransi
|
Keaktifan
|
Menghargai
pendapat teman
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tasikmalaya, September 2013
Guru Mata Pelajaran,
Rizza Aria Ferdian, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar