Selasa, 16 September 2014

RPP BAHASA INDONESIA SMK/SMA KUR.13 KELAS X-5




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                           :
Kelas / Semester                               : X / 1
Mata Pelajaran                                  : Bahasa Indonesia
Tema                                                     : Gemar Meneroka Alam Semesta
Materi Pokok                                     : Struktur dan kaidah Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi Waktu                                    : 4 x 45 menit
Pertemuan ke                                    :


A.     Kompetensi Dasar
1.2  Mensyukuri  anugerah  Tuhan  akan  keberadaan  bahasa  Indonesia  dan  menggunakannya  sebagai  sarana komunikasi dalam memahami,  menerapkan,  dan  menganalisis  informasi  lisan  dan tulis melalui teks laporan hasil observasi.
2.2   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif  dalam  menggunakan  bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
3.1   Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1   Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.

B.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1 Konsisten menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang tepat dalam mempelajari teks laporan hasil observasi tentang Banjir sebagai bukti implementasi rasa syukur atas anugrah  Tuhan  Yang Masa Esa.
2.2.1  Bersikap jujur, disiplin, dan tanggung jawab dalam mempelajari teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
3.1.1 Mengidentifikasi struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
4.1.1  Meneliti atau menelaah teks laporan hasil observasi tentang Banjir.

C.     Tujuan Pembelajaran
1.2.1.1   Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi tentang Banjir.
2.2.1.1   Selama dan setelah pembelajaran, siswa dapat menunjukkan perilaku jujur, disiplin, dan tanggung jawab dalam menggunakan bahasa Indonesia.
3.1.1.1   Selama dan setelah pembelajaran, siswa dapat memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
4.1.1.1   Setelah memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi, siswa mampu menginterpretasikan makna teks laporan hasil observasi tentang Banjir dengan benar.

D.     Materi Pembelajaran
1.   Contoh teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
2.   Stuktur teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
3.   Kaidah teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
4.   Mengainterpretasi makna teks laporan hasil observasi tentang Banjir.

E.     Metode Pembelajaran
Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)

F.      Media dan Sumber Pembelajaran
1.   Tim Penyusun Buku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.   Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi 2). Jakarta: Balai Pustaka.
3.   Contoh teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
4.   Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas X.


G.     Langkah- langkah pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1)     Siswa merespon salam.
2)     Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pembelajaran sebelumnya.
3)     Siswa menerima informasi keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4)     Siswa menerima informasi tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi teks laporan observasi tentang Banjir.
5)     Guru mengarahkan siswa agar pelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui kegiatan belajar teks laporan observasi tentang Banjir.
6)     Siswa membaca puisi yang berjudul “Burung-Burung Enggan Bernyanyi Lagi” dengan penuh penghayatan untuk membangkitkan minat dan membangun pengetahuan siswa.
10 menit
Inti
1)     Siswa membentuk kelompok secara heterogen dengan jumlah anggota tiap kelompok 5 orang.
2)     Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
3)     Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
4)     Siswa dan guru bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
5)     Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
6)     Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
7)     Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
8)     Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
9)     Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas, siswa lain memberikan tanggapan.
10)  Siswa menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
70 menit
Penutup
1)     Siswa bersama dengan  guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2)     Guru memberikan tugas secara individu agar siswa membuat klasifikasi berdasarkan hasil observasi mengenai makhluk di bumi untuk dikumpulkan minggu depan.
3)     Siswa menyimak informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.
10 menit


H.     Kisi-kisi Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Instrumen
Konsisten menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang tepat dalam mempelajari teks laporan hasil observasi tentang Makhluk di Bumi ini sebagai bukti implementasi rasa syukur atas anugrah  Tuhan  Yang Masa Esa.
Observasi sikap
Lembar
pengamatan sikap
Bersikap jujur, disiplin, dan tanggung jawab dalam mempelajari teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
Observasi kinerja
Rubrik penilaian
Mengidentifikasi struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
Tes pengetahuan
tentang struktur
dan kaidah teks
Tes tertulis
Meneliti atau menelaah teks laporan hasil observasi tentang Banjir.
Tes menelaah teks laporan hasil observasi
Rubrik penilaian


I.       Penilaian
1.   Penilaian Proses

No.
Aspek yang dinilai
Teknik
 Penilaian
Waktu
Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
Komitmen Tugas
Observasi
Proses PBM
Lembar Pengamatan
2.
Kerja Sama
3.
Ketelitian
4.
Minat
Contoh Format Penilaian Sikap

No
Nama Siswa
Skor
Nilai
Komitmen Tugas
Kerja Sama
Ketelitian
Minat
Jumlah Skor
1







2







3







 dst








Kriteria Penskoran                              
1.   Baik Sekali             4                                  3. Cukup           3,5
2.   Baik                       3,75                              4. Kurang          3,25

2.    Penilaian Hasil

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Instrumen
Penilaian
Contoh Instrumen
Mengidentifikasi struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi mengenai Banjir.
Tes pengetahuan
tentang struktur
dan kaidah teks
Tes tertulis
Setelah kalian membaca teks yang berjudul banjir, carilah struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi!
Meneliti atau menelaah teks laporan hasil observasi mengenai Banjir.
Tes menelaah teks laporan hasil observasi
Rubrik penilaian
Laporkan hasil diskusi kelompok di depan kelas!


Kunci Jawaban Struktur dan Kaidah teks laporan hasil observasi
1.   Isi lengkap disusun secara runtut
2.   Menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan
3.   Menggunakan kosakata baku
4.   Menggunakan kalimat efektif


Pedoman Penskoran
Soal Nomor 1
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab lengkap, benar dengan menggunakan kalimat efektif
4
Peserta didik menjawab lengkap, benar,  kalimat kurang efektif
3,75
Peserta didik menjawab kurang lengkap, benar,  kalimat kurang efektif
3,5
Peserta didik menjawab tidak lengkap dan tidak benar
3,25
Skor Maksimal
4

Soal Nomor 2
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab lengkap, benar dengan menggunakan kalimat efektif
4
Peserta didik menjawab lengkap, benar,  kalimat kurang efektif
3,75
Peserta didik menjawab kurang lengkap, benar,  kalimat kurang efektif
3,5
Peserta didik menjawab tidak lengkap dan tidak benar
3,25
Skor Maksimal
4

Contoh Format Penilaian Rubrik Kegiatan Diskusi

No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n g a m a t a n
Jumlah Skor
Nilai
Ket
Kerja sama
Mengkomu-nikasikan pendapat
Toleransi
Keaktifan
Menghargai pendapat teman












































Tasikmalaya,      September 2013

 Guru Mata Pelajaran,



                                                                                                                         Rizza Aria Ferdian, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar